Sumpah dan Pelantikan Ketua KPPS Dalam Pemilu

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Lamongan – Dalam rangka penyelenggaraan pemilihan umum yang langsung umum bebas dan rahasia, serta jujur dan adil untuk menghasilkan anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota tanggal 27 Maret 2019 yang akan datang telah dilaksanakan pengambilan sumpah dan pelantikan bagi Ketua KPPS, Kecamatan Karanggeneng, Kab.Lamongan, Prop.Jawa Timur. di Pendopo Kecamatan Karanggeneng. Pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua KPPS.

Bacaan Lainnya

SEBELUM SAYA MENGAMBIL SUMPAH, SAYA INGIN BERTANYA :

a. APAKAH SAUDARA BERSEDIA DIAMBIL SUMPAHNYA ?

b.DIAMBIL SUMPAH DENGAN CARA AGAMA APA ?

SELANJUTNYA SAYA PERLU MEMPERINGATKAN, BAHWA SUMPAH YANG AKAN SAUDARA UCAPKAN INI, ADALAH MENGANDUNG TANGGUNG JAWAB TERHADAP BANGSA DAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA, TANGGUNG JAWAB MEMELIHARA DAN MENYELAMATKAN PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945 SERTA TANGGUNG JAWAB TERHADAP KESEJAHTERAAN RAKYAT.

SUMPAH INI DISAMPING DISAKSIKAN OLEH DIRI SENDIRI DAN OLEH SEMUA YANG HADIR SEKARANG, JUGA YANG PENTING SEKALI DIYAKINI DAN DISADARI, BAHWA SUMPAH INI DISAKSIKAN OLEH ALLAH SWT. TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA ALLAH ITU MAHA MENGETAHUI.

-DI DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-BAQOROH AYAT 224, DINYATAKAN :

”Jangahlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertakwa dan mengadakan perdamaian di antara manusia dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”

OLEH KARENA ITU MEMANG MANUSIA HANYA DAPAT MENGETAHUI DARI KATA-KATA DAN PERBUATAN SESEORANG. TETAPI ALLAH MENGETAHUI APA YANG TAMPAK DAN APA YANG TERSEMBUNYI DALAM DIRI SAUDARA. ALLAH MENGETAHUI KEDUA-DUANYA, APA YANG DIUCAPKAN DAN APA YANG TERSIMPAN DALAM HATI SAUDARA. DAN KEPADA ALLAH ITULAH, AKHIRNYA PERTANGGUNGJAWABAN AKAN SAUDARA BERIKAN.

IKUTILAH KATA-KATA SAYA

“ DEMI ALLAH, TUHAN YANG MAHA ESA SAYA BERSUMPAH”

“BAHWA SAYA AKAN MEMENUHI TUGAS DAN KEWAJIBAN SAYA SEBAGAI ANGGOTA KELOMPOK PENYELENGGARA PEMUNGUTAN SUARA DENGAN SEBAIK-BAIKNYA DAN SEADIL –ADILNYA SESUAI DENGAN PERATURAN PERATURAN PERUNDANG–UNDANGAN, DENGAN BERPEDOMAN PADAPANCASILA DAN UNDANG UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945;

BAHWA SAYA DALAM MENJALANKAN TUGAS DAN KEWAJIBAN TIDAK AKAN TUNDUK PADA TEKANAN DAN PENGARUH APAPUN DARI PIHAK MANAPUN YANG BERTENTANGAN DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN;

BAHWA SAYA DALAM MENJALANKAN KEWENANGAN, AKAN BEKERJA DENGAN SUNGGUH,JUJUR,ADIL, DAN CERMAT DEMI SUKSESNYA PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROPINSI DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN/KOTA TAHUN 2019, DENGAN MENEGAKKAN DEMOKRASI DAN KEADILAN SERTA MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DARIPADA KEPENTINGAN PRIBADI ATAU GOLONGAN’

Setelah pengucapan sumpah dilanjutkan dengan pelantikan sebagai berikut :

DENGAN MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT. TUHAN YANG MAHA ESA, SERTA ATAS RAHMAT, TAUFIK DAN HIDAYAHNYA,MAKA PADA HARI INI,RABO,TANGGAL DUA TUJUH BULAN MARET TAHUN 2019, SAYA KETUA PANITIA PEMUNGUTAN SUARA KECAMATAN KARANGGENENG, RESMI MELANTIK SAUDARA – SAUDARA BERDASARKAN SURAT KEPUTUSAN PANITIA PEMUNGUTAN SUARA NOMOR: 01/PPS-Kec/01/2019, TANGGAL 27 MARET 2019 SEBAGAI KETUA PENYELENGGARA PEMUNGUTAN SUARA(KPPS)PEMILIHAN UMUMANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROPINSI DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN/KOTA TAHUN 2019

SAYA PERCAYA,BAHWA SAUDARA –SAUDARA AKAN MELAKSANAKAN TUGAS DENGAN SEBAIK – BAIKNYA, SESUAI DENGAN KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU DENGAN PENUH RASA TANGGUNG JAWAB.

SEMOGA ALLAH SWT. TUHAN YANG MAHA ESA SELALU MEMBERIKAN RAHMAT KEPADA KITA SEMUA, AAMIIN.

Adapun susunan acaranya sebagai berikut :

PEMBUKAAN

Menyanyikan lagu Indonesia Raya
PEMBACAAN SURAT KEPUTUSAN KEC. KARANGGENENG TAHUN 2019, TANGGAL 27 MARET 2019
PENGAMBILAN SUMPAH
PELANTIKAN
PENANDA TANGANAN BERITA ACARA

SAMBUTAN PPK KECAMATAN KARANGGENENG

PENUTUP

Demikian seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar, dengan harapan dan do’a semoga juga pada hari pemungutan dan perhitungan tanggal 27 Maret 2019 juga berjalan dan terlaksana dengan sukses dan menghasilkan anggota legislatif yang berkualitas. (Nur)


Loading...

Pos terkait

Loading...