Bupati Sidoarjo : Anak Berkebutuhan Khusus Yang Istimewa

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo – UPT Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo melaksanakan peringatan International Hearing Day and Autism Awareness Day 2019, yang dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, S.H, M.HUM, di Pendopo Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (6/4).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Asrofi, MM, menyampaikan laporan bahwa peringatan Hari Kesehatan Pendengaran Internasional dan Hari Kesadaran Autis Se-dunia tahun 2019, bertujuan untuk mengajak masyarakat menyadari tentang pentingnya kesehatan dan memahami gejala umum ABK. Selain itu mengajak mengenal lingkungan sosial dan berolahraga serta memberikan kesempatan kepada ABK untuk mengembangkan potensi yang dimiliki,’ sampainya.

Muat Lebih

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Pendengaran internasional dan Hari Autis Sedunia tahun 2019 ini yakni Jalan sehat, senam bersama, bersih – bersih telinga dan konsultasi psikolog.

Kegiatan yang diikuti 276 anak dari UPT ABK Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Sekolah Inklusi 96 lembaga, masing – masing mengeluarkan orang anak bersama satu guru pendamping, sejumlah 270 peserta diantaranya SMA 5 sekolah, SMP 23 Sekolah, SD 37 sekolah, PAUD dan TK sebanyak 18 sekolah, 7 lembaga dari Asosiasi ABK kabupaten Sidoarjo sejumlah 21 peserta dengan masing – masing mengeluarkan 2 anak ABK, 19 SLB di Kabupaten Sidoarjo sejumlah 57 peserta.

“ABK yang turut kegiatan ini adalah anak dengan hambatan pendengaran, Autis, hambatan intelektual, hambatan gerak dan kesulitan belajar,” jelas Asrofi.

Bupati Sidoarjo merasa senang bisa hadir di tengah – tengah ABK. Dimana Kabupaten Sidoarjo sangat berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang Ramah Anak, terutama anak ABK. Pada kesempatan tersebut Bupati Saiful Ilah menghimbau kepada para guru dan orang tua ABK, untuk tidak memarahi anak ABK, cukup dikasih pengertian dan diarahkan. Mereka adalah anak – anak yang istimewa.

Dan anak – anak ABK ini perlu penanganan yang multi dimensi baik dari segi ekonomi, sosial dan ekonomi. Selain itu mereka membutuhkan pendidikan yang khusus juga sesuai dengan kemampuannya. Dengan peringatan ini diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan, persatuan, dan solidaritas sesama manusia terutama dengan ABK.

“Selain itu, untuk Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo untuk anak ABK supaya ngerti dan supaya pinter dikasih penghargaan dengan kegiatan lomba atau sejenisnya yang sekiranya anak ini bisa,” jelas Abah Ipul.

Diakhir kegiatan Bupati Sidaorjo didapuk untuk menyerahkan trophy kepada para ABK pemenang rangkaian lomba peringatan Hari Kesehatan Pendengaran Internasional dan Hari Autis Se-dunia. (HERI)


Loading...

Pos terkait

Loading...