Menteri Pertaniam Kunker ke Desa Junwangi

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo – Menteri Pertanian (Mentan) RI, DR. IR. H. Andi Amran Sulaiman, MP bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur tepatnya di Desa Junwangi Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (29/6).

Kehadiran Mentan RI dan rombongan tersebut didampingi Forpimda Propinsi Jatim dan Institusi TNI/Polri, Bupati Sidoarjo, H. Saiful Illah, SH., M. Hum bersama jajaran Dinas terkait dan Muspida Sidoarjo, Camat Krian, Drs. Agus Maulidy, M. Si dan jajaran Muspika, Paguyuban Kasdes/Kakel Krian, Kepala Desa Junwangi, Syatra Ikhsandra, ST serta jajaran perangkat desa, para petani padi dan para undangan Kunjungan tersebut untuk Soft Lounching Membangun Pertanian 4.0 (Pertanian Modern).

Bacaan Lainnya

Soft Lounching Pertanian Modern tersebut dilakukan di areal persawaan tepatnya di sisi utara dusun kenep desa junwangi. Yang dimaksud Pertanian Modern tersebut yakni bagaimana cara memanen padi dan langsung menanam padi sekaligus dengan memakai mesin panen, mesin pembajak dan mesin tanam (secara berurutan), sedangkan untuk menebar benih padi memakai Drone

Bupati Sidoarjo dalam sambutannya mengucapkan saya ucapkan terima kasih kepada bapak Menteri Pertanian beserta rombongan yang bisa hadir untuk menyaksaikan Soft Lounching Pertanian Modern di Desa Junwangi Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Dan juga saya ucapkan terima kasih pula atas bantuan peralatan pertanian modern untuk para petani,’ ucapnya.

“Teknologi saat ini merupakan peranan penting. Karena sekarang sudah jamannya serba teknologi. Contohnya sekarang saja, yang mana dalam menanam padi hingga panen semuanya memakai mesin dan untuk menebar benih padi saja sekarang sudah bisa pakai Drone. Ini suatu teknologi yang harus kita kembangkan. Beda dengan jaman dahulu yang masih memakai tenaga manusia. Dikabupaten sidoarjo tanahnya masih subur dan bisa untuk menanam padi dan palawija,’ jelasnya.

Sedangkan Mentan RI, DR. IR. H. Andi Amran Sulaiman, MP menuturkan ini tak lain adalah untuk menambah ketahanan pangan kita kedepan, selain itu ini juga merupakan program pemerintah pusat akan ketersediaan pangan untuk bisa memcukupi bagi warga masyarakat luas. Dan sidoarjo merupakan salah satu lumbung ketersidaan pagan yang ada diIndonesia,’ tuturnya.

Terpisah, Kades Junwangi Syatra Ikhsandra, ST di lokasi soft lounching menambahkan secara pribadi saya dan atas desa junwangi, saya ucapkan terima kasih kepada bapak bupati sidoarjo dan dinas terkait yang telah menunjuk desa kami untuk soft lounching pertanian modern. Dan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri atas kehadiran bapak menteri pertanian yang bisa hadir di desa kami,’ imbuhnya.

“Dengan kehadiran bapak menteri pertanian dan bapak bupati sidoarjo akan bisa menambah antusiasnya para petani padi untuk bisa menghasilkan panen padi bertambah. Selain itu juga bisa menambah pengetahuan para petani akan peralatan petani yang modern”,’ pungkasnya. (HERI)


Loading...

Pos terkait

Loading...