Pemilu 2019 di Kendal Tidak Ada Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kendal – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal adakan rapat evaluasi kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019, di aula KPU Kabupaten Kendal, Selasa (06/08/2019) Siang tadi.

Rapat evaluasi yang dilakukan pihak KPU Kendal melibatkan dari pihak Bawaslu, Parpol, Aparat Kepolisian, Pemkab Kendal, dan juga Kejaksaan dan Pengadilan Kendal.

Bacaan Lainnya

Dalam rapat tersebut, pihak KPU meminta masukan dan saran kepada pihak-pihak terkait atas kelebihan dan kekurangannya, yang selama ini dalam menjalankan tugas pemilu 2019.

Tujuannya evaluasi tersebut ntuk mengevaluasi kinerja KPU Kendal agar lebih maksimal dan lebih baik lagi untuk kedepannya.

Maka KPU mengadakan rapat evaluasi ini demi menjaga keamanan dan stabilitas dalam mensukseskan pemilu yang akan datang.

Ketua KPU Kendal, Heavy Indah Oktaria, mengatakan, pada prinsipnya pemilu tahun 2019 lalu itu berjalan selama 6 bulan, dan semua yang terjadi di pemilu 2019 ini baik regulasi maupun pelaksanaanya kita akan evaluasi kepada pihak-pihak terkait.

Baik dari parpol maupun pasangan calon, KPU, Bawaslu, Pemkab Kendal dan yang punya wilayah. Apa yang perlu kita perbaiki,dan kita juga meminta pendapat evaluasi dari mereka.

“Seluruhnya sudah berjalan dengan baik, namun ada beberapa masukan yang perlu di perbaaiki lagi, seperti halnya alat peraga kampanye yang tidak di atur dalam undang-undang,dan yang tidak sesuai dengan peraturan,”katanya.

Menurut Heavy, itu yang menjadi evaluasi pertama,maka kedepan kita akan tegaskan kembali mengenai itu.

“Untuk tidak pidana pemilu 2019 kemarin di kendal tidak ada,dan dari pihak kejaksaan dan pengadilan Kendal sendiri menyatakan tidak ada tidak pidana pemilu di tahun 2019 di wilayah Kabupaten Kendal,”jelasnya.

Kepala Kesbangpol Kendal,Marwoto, mengatakan, mudah-mudahan setelah adanya evaluasi ini pemilu kedepan nantinya akan bisa sukses.

Sehingga evaluasi masukan ini bisa kita jadikan sebagai acuan untuk lebih meningkatkan kinerja KPU dan Bawaslu Kendal.

” Apa yang kurang dalam pemerintah melalui UPTD Kendal,mohon koreksinya,dengan adanya koreksi maka kami akan berusaha untuk lebih baik lagi,” tuturnya.

Menurutnya,evaluasi ini sangatlah penting,karna dengan evaluasi ini setidaknya kekurangan-kekurangan itu kita bisa bahas bersama-sama.

” Kita rangkum dan diskusikan untuk yang akan datang nantinya, supaya bisa lebih sukses lagi dalam menjalankan tugasnya masing-masing,” imbuhnya.

(Zamroni)


Loading...

Pos terkait

Loading...