Pemkab Biak Numfor Segera Siapkan Materi Pokok Persidangan DPRD

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor diminta untuk menyiapkan materi pokok persidangan DPRD di tahun ini. Hal ini di sampaikan dalam apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) seluruh OPD dilingkungan pemerintah kabupaten Biak Numfor di pimpin Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Lot Louis Yensenem mewakili bupati, pada Senin (9/9/2019) bertempat di halaman kantor Bupati Biak.

“Sesuai petunjuk dan arahan bupati, untuk di sampaikan dalam apel di pagi ini terkait materi pokok persidangan DPRD yang harus segera disampaikan oleh pemerintah daerah kepada DPRD”, kata kepala BKAD Lot Yensenem.

Bacaan Lainnya

Pokok materi tersebut meliputi : Dokumen Rancangan Perda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2018; Dokumen Raperda RPJMD Periode 2019 – 2024; Dokumen Raperda Perubahan RAPBD 2019; Realisasi penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019; dan Penertiban aset kendaraan dinas.

“Berdasarkan ketentuan peraturan perundangan kepala daerah wajib menyampaikan Raperda pertanggungjawaban APBD kepada DPRD, berupa laporan keuangan yang telah diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dan opini BPK pada laporan keuangan kita maaih diclaimer. Namun harus optimis dalam membangun komitmen untuk lebih baik”, jelas Yensenem.

Selain itu, ia menyampaikan RPJMD sangat penting karena menjadi dasar dari pembangunan 5 tahun ke depan dalam masa kepemimpinam Bupati Herry Ario Naap. Mengenai Dokumen Raperda Perubahan 2019 saat ini sedang dilakukan penyusunan sambil menunggu hasil evaluasi RKPD 2019 di tingkat provinsi sebagai dasar penyusunan KUA dan PPAS perubahan 2019.

Terkait dengan realisasi penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 Lot Yensenem mengatakan, realisasi pencairan Anggaran DAK fisik 2019 tahap pertama oleh OPD masih rendah hanya sebesar 23 %.

“Tahap pertama telah ditransfer pusat sebesar Rp. 49,4 milyar, dan baru diserap sebesar Rp. 11, 7 milyar”, ungkap Yensenem.

Dikhawatirkan rendahnya serapan dana itu akan mempengaruhi terhadap proses pengajuan anggaran program Tahun Anggaran 2020.

(JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...