Disdukcapil Madina Luncurkan Kartu Indentitas Anak

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Mandailing Natal – Untuk memberikan identitas bagi penduduk yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah untuk keperluan sekolah dan kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melaksanakan kegiatan peluncuran Kartu Identitas Anak (KIA), Kamis (12/9/19).

Peluncuran KIA ini sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri Nomor 2 tahun 2016 yang menekankan agar setiap anak memiliki identitas untuk memberikan perlindungan serta mewujudkan Hak hak terbaik bagi anak.

Bacaan Lainnya

Kepala Disdukcapil H.Gozali, SH, MM mengharapkan kepada kita semua masyarakat dapat mensosialisasikan KIA dan membantu agar setiap anak memilikinya.

“Saya berharap kita semua dapat membantu Disdukcapil dalam membantu peluncuran KIA ini, agar setiap anak di madina memiliki kartu identitas yang nantinya akan berguna bagi pendidikan dan kesehatan,” ucapnya.

Gozali juga menyampaikan beberapa hal yang perlu diketahui bahwa saat sekarang ini berbagai program inovasi yang akan kita laksanakan, tentunya akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan administrasi kependudukan, diantaranya adalah Pelayanan Rekam e-ktp Armada Sepeda motor (Predator).

“Predator adalah petugas disdukcapil yang melakukan perekaman e-ktp dengan menggunakan sepeda motor ke desa desa yang sulit dilalui kenderaan roda 4,” paparnya.

Kemudian kemudahan lain adalah pelayanan catatan sipil online, bagi yang membutuhkan akta kelahiran dan kematian cukup dengan menyampaikan data yang diperlukan melalui aplikasi.

Beragam inovasi yang diprogramkan Dinas Kependudukan dan catatan sipil melalui kerjasama, yaitu kerjasama dengan rumah sakit di wilayah madina agar ibu yang melahirkan anak segera mendapatkan akte kelahiran dan kk yang baru, kerjasama dengan dinas pendidikan untuk mendorong percepatan kepemilikan akte kelahiran dan KIA yang belum memiliki dengan cara mendatangi sekolah sekolah.

“Adalagi yang lebih Sedap yang disebut SEDAP LADA, sekali daftar untuk segala dokumen anda, ini berarti memberikan berbagai kombinasi layanan adminduk dengan sekali daftar,” papar Gozali lagi.

Sebagai awal peluncuran KIA disdukcapil secara simbolis memberikan sebanyak 50 keping KIA kepada siswa siswi SD dari berbagai wilayah di madina dan ditutup dengan ditandai pelepasan balon ke udara oleh ketua PKK mandailing Natal ibu Ika Desika Dahlan Hasan Nasution.

(RUDI E)


Loading...

Pos terkait

Loading...