RSUD Husni Thamrin Natal Kembali Kedatangan Pasien Gizi Buruk Lagi

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Mandailing Natal – RSUD Husni Thamrin kecamatan natal, Kabupaten Mandailing Natal , kembali menerima kedatangan pasien cilik, penderita gizi buruk. Di salah satu sudut lorong, seorang gadis kecil terbaring lemas. Namanya Inayah Husnah umur 8 bulan balita pasien gizi buruk di RSUD Husni Thamrin, Wajahnya nampak tirus. Tidak sulit melihat kerangka tulang tangan dan kakinya di balik balutan kulitnya yang kusam. Perutnya yang buncit bersembunyi di balik kaus merah jambu pendek.

Sabtu (9/14), adalah hari pertama Inayah dirawat di RSUD Husni Thamrin. Datang bersama ibunya di dampingi langsung oleh Hendry Chaniago kepala desa pasar VI kecamatan natal beserta sekretaris kecamatan Nory Susanda. Kondisi Prisqila yang kritis membuat Hendry mengambil keputusan untuk mengantar langsung ke RSUD Husni Thamrin.

Bacaan Lainnya

Saat ini, Inayah masih ditangani dan diagnosa oleh petugas kesehatan di RSUD Husni Thamrin guna mengetahui apa apa saja yang menjadi penyakit gadis kecil ini guna memudahkan penanganan selanjutnya. Hal ini dijelaskan Direktur RSUD dr. Faisal,” Benar kita kembali kedatangan pasien gizi buruk dan saat ini kita sedang lakukan diagnosa dulu untuk memastikan apa penyakit lainnya, guna penanganan lebih lanjut,” tutur Faisal.

Dan dari hasil diagnosa yang dilakukan diambil hasil pasien yang bernama Inayah Husnah umur 8 bulan kelamin perempuan , anak dari pasangan bapak warwin dan ibu Mariani yang tinggal di desa pasar VI kecamatan natal kabupaten madina menderita penyakit Gizi buruk di tambah Susp. TB. Paru. Dan untuk kusus untuk paru kita akan mencoba melakukan pengecekan apakah ini yang pertama atau memang sedang menjalani proses penyembuhan tetapi terhenti.

Faisal menambahkan, dalam hal ini seharusnya peran puskesmas di tiap desa harus lebih maksimal melaksanakan program kerjanya untuk penyuluhan ke desa desa salah satunya seperti penyakit gizi buruk ini, dan mempunyai data siapa saja yang terkena penyakit dan siapa saja yang harus mendapat penanganan lebih lanjut, dan selanjutnya merujuk ke Rumah sakit umum untuk di lakukan penanganan, dalam artian peran serta tanggung jawab puskesmas dalam hal ini sangat dibutuhkan.

Sebelumnya juga ada pasien penderita penyakit yang sama yang saat ini sedang di rawat lebih lanjut di rumah sakit umum kabupaten, dia adalah Seorang anak bernama Waldi Rahmat Sutra, (12) anak dari Keluarga Miskin pasangan dari Wati (45 ) dan Khaidir (50 ) Warga Desa Sasaran Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Nata.

Dengan sudah ada dua orang anak yang terkena penyakit gizi buruk di kecamatan natal ini tentunya memberi sinyal kepada pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan melalui puskesmas yang ada di tiap desa agar mulai lebih serius dalam melaksanakan program program kesehatan yang seharusnya di laksanakan guna mensosialisasikan cara hidup sehat sekaligus pemberian obat serta gizi bagi anak anak balita guna menghindari dari penyakit yang rentan mereka dapatkan.

(Heri)


Loading...

Pos terkait

Loading...