Kodim Blora Adakan Penyuluhan P4GN dan Tes Urine

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Upaya mencegah penyalahgunaan narkoba, Kodim 0721/Blora mengadakan penyuluhan tentang bahaya narkoba dengan melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Kegiatan yang dilakukan di Makodim 0721/Blora tersebut dilanjutkan dengan melakukan tes urine bersama yang diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0721/Blora dan Koramil jajaran di wilayah Kodim 0721/Blora serta PNS, Senin (16/09/2019).

Bacaan Lainnya

Pemberi materi, Dr. Oktantia Dyah R., dari Denkesyah 04.04.03 Rumkitban 04.08.05 Blora menjelaskan bahwa untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, harus mengetahui jenis-jenisnya.

“Penyuluhan adalah salah satu cara yang tepat guna menjelaskan bahaya Narkoba dan cara mencegahnya agar kita tidak terjebak didalamnya, dengan cara kita wajib mengetahui apa saja jenis obat dan tanaman yang tergolong dalam Narkotika,” jelasnya.

Dirinya berpesan agar jangan penasaran dengan narkoba, apalagi ingin mencobanya.

“Jangan pernah sekali – kali mencoba atau penasaran dengan Narkoba dan sejenisnya. Karena sekali terjerumus di dalamnya, maka akan sangat susah untuk lepas dari pengaruh Narkoba, selalu tanamkan dalam jiwa masing – masing “Say No To Drug”, Pesan Dr. Oktantia.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, SE., menjelaskan kepada anggotanya agar tidak coba-coba menggunakannya dan menyuruh untuk menjauhi narkoba.

“Kepada seluruh prajurit secara tegas agar tidak mencoba-coba, saya ingatkan bagi yang pernah atau masih menggunakannya agar segera menjauhi dan meninggalkan barang haram tersebut,“ tegas Dandim.

Dandim 0721/Blora menegaskan bahwa jika ada anggotanya yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, maka akan dikenai sanksi berupa pemecatan.

“Hal ini sebagai bentuk komitmen TNI dalam melakukan pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba bahwa anggota akan bisa dikenai sanksi hukum dengan melakukan pemecatan sebagai prajurit TNI AD. Sesuai dengan perintah Panglima TNI, bahwa seluruh prajurit TNI tidak boleh terlibat dengan penyalahgunaan Narkoba, maka sosialisasi P4GN merupakan program satuan dalam menciptakan prajurit yang bersih dari Narkoba dan tidak terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba,” jelasnya.

Dandim juga mengatakan bahwa narkoba menjadi ancaman serius bagi masa depan bangsa.

“Narkoba merupakan ancaman serius bagi kita semua, terutama anak-anak muda. Sehingga mengancam masa depan bangsa. Karena itu, jaga anak – anak kita agar jauh dari penyalahgunaan Narkoba. Karena sejatinya narkoba itu kenikmatan sesaat tapi menghancurkan dalam jangka panjang,” pungkasnya.

(Arifin)


Loading...

Pos terkait

Loading...