Antusias Warga Jaminan TNI Rampungkan Semua Target Fisik TMMD

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Boyolali – Siang itu sekitar pukul 13.00 WIB, meski matahari bersinar terik, namun hembusan angin terasa dingin di Desa Sangup, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali terasa dingin. Maklum desa yang dijadikan sasaran TMMD Reguler ke -106 Kodim 0724/Boyolali di ketinggian, yakni hanya berjarak 4 Km dari puncak Gunung Merapi, Rabu (18/09/2019).

Tampak puluhan warga setempat bergotong royong, membaur dengan sejumlah anggota Koramil /Musuk yang diterjunkan di Pra TMMD. Tampak warga, tua muda begitu antusias bekerja tak mempedulikan teriknya matahari. Sesekali tawa canda mereka pecah seolah sebagai penghibur untuk mengusir penatnya bekera.

Bacaan Lainnya

”Semua warga menyambut gembira dengan dijadikan Desa Sangup sebagai sasaran TMMD Kodim Boyolali, dimana akan dilaksanakan sejumlah pembangunan. Selain desa kami akan lebih maju, kami para warga mempunyai kesempatan dekat dengan Pak Tentara,” ungkap Saudi (48), salah satu ketua RT di desa setempat.

Dia menuturkan, sejak dilakukan sosialisasi oleh pemerintahan desa, semua warga menyambut antusias pelaksanaan TMMD dari Kodim Boyolali. Banyak warga yang menyatakan akan maksimal bekerja bersama TNI membangun desa Sangup, ”warga juga menyadari kok, bahwa hadirnya TNI dari jajaran Kodim Boyolali akan membawa kemajuan desanya, menyusul akan banyak pembangunan yang dilakukan oleh Pak Tentara. Belum lagi, sesuai sosialisasi nantinya juga akan ada banyak penyuluhan yang tentu akan menambah wawasan warga,” tambah Sudi.

Sumarno (32), salah satu tokoh muda Desa Sangup kepada Tim Pendim Boyolali mengemukakan, waktu pelaksanaan TMMD di desanya sangat tepat, sehingga nantinya keterlibatan warga akan maksimal. ”Rata-rata warga Desa Sangup saat ini dapat dikatakan “menganggur”, karena tidak beraktifitas di lahan,” ungkapnya.

Bantu Maksimal.

Dikemukakan Sumarno, saat ini panenan tembakau di Desa Sangup sudah usai. Sementara karena kemarau panjang untuk sementara kahan diistirahatkan sambil meunggu musim hujan nanti. ”Sehingga nantinya warga akan banyak waktu dan bisa maksimal membantu pak Tentara yang sedang membangun desa kami,” tambahnya.

Sementara itu Dandim 0724/Boyolali, Letkol Kav. Herman Taryaman menandaskan, bahwa jajarannya akan beruat maksimal di Desa Sangup terkait pelaksanaan TMMD Reguler ke-106, ”salah satunya bahwa kualitas semua bangunan fisik yang diprogramkan di TMMD yang secara resmi akan dibuka tanggal 2 Oktober 2019 mendatang itu akan diperhatikan kualitasnya sehingga bisa berdaya guna dalam waktu yang lama,” tandasnya.

Menurut orang nomor satu di jajaran Kodim Boyolali itu, banyak misi yang diemban jajaran Kodim Boyolali di pelaksanaan TMMD Sangup tersebut. Disamping merampungkan seluruh target fisik maupun non fisik, misi penting lainnya adalah membangkitkan semangat gotong royong warga desa sasaran, dan meningkatkan manunggalnya TNI dengan warga. ”Dukungan semua pihak kami harapkan, baik dari Pemkab Boyolali maupun instansi lain demi suksesnya TMMD Reguler di Desa Sangup,” harapnya.

Dandim Herman menambahkan, penentuan Desa Sangup sebagai sasaran TMMD sudah melalui perhitungan yang matang. Dikatakan, meski medannya cukup ekstrim bukan halangan bagi para Satgas TMMD untuk memajukan Desa Sangup.

”Salah satu pertimbangan menjadikan desa itu sebagai sasaran TMMD Reguler, karena memang kondisi infra struktur yang dapat dikatakan kurang memeadai juga perlunya melakukan banyak pemahaman bagi warga Desa Sangup melalui kegiatan non fisik,” tambah Dandim Letkol Kav. Herman Taryaman.

(Pendim 0724/Boyolali)


Loading...

Pos terkait

Loading...