Perpustakaan Ramah Anak Berbasis Teknologi Digital Resmi Dibuka

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo – Pembukaan Perpustakaan Ramah Anak yang Berbasis Teknologi Digital di buka oleh Kabid. Pendidikan Dasar dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Bambang Eko Wiroyudho serta Perwakilan dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo di halaman mega SDN Semambung Kecamatan Wonoayu, Rabu (18/9).

Hadir pada pembukaan tersebut yakni dari Perwakilan Badan Perpustakaan dan Kearsipan, Kabid. Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Pj. Kepala Desa Semambung, Dewan Guru, Kepala Sekolah SDN se Kecamatan Wonoayu, Ketua Komite, LSM Mutiara Rindang, Wali Murid dan para undangan.

Bacaan Lainnya

Kepala SDN Semambung, Muhammad Ayub, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, saya ucapkan terima kasih kepada Tim Mutiara Rindang yang telah dari awal membantu akan berdirinya perpustakaan ini. Banyak sekali manfaatnya dan memberikan wadah agar giat membaca, dengan membaca maka anak-anak akan mempunyai ilmu dalam buku yang dibaca,’ katanya.

“Ini salah satu kegiatan positif dalam memdidik anak untuk membaca.Untuk waktu membaca diruang perpustakaan, waktunya terbatas, untuk mengatasi hal tersebut maka buku yang dibaca siswa bisa dipinjam untuk dibawa pulang dengan waktu maksimal 3 hari kedepan.,’ ucapnya.

Lanjut M. Ayub, dengan kebiasaan membaca maka anak akan memperoleh pengetahuan dan mempunyai inspirasi. Disamping isi buku, dipelajaran belajar juga ada dalam perpustakaan. Ini sangat berperan maka orang tua harus bisa mendukung anak-anak dalam rangka membiasakan membaca. Dan nanti akan saya berikan waktu sebelum belajar pada program saya nanti,’ terangnya.

Dan nanti dalam berkunjung akan saya jadwal karena ruang perpustakaan masih belum luas. Dan setiap jadwal membaca nanti akan didampingi oleh wali kelas masing-masing untuk mengarahkan bagaimana semestinya,’ pesannya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sidoarjo, Drs. Bambang Eko Wiroyudho menuturkan, bapak ibu sekalian harusnya bangga karena perpustakaan ini sangatlah perlu sekali untuk anak didik karena perpustakaan ini bisa membangkitkan anak akan suka membaca. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita dituntut harus melek dengan serba teknologi sebab teknologi semakin lama semakin berkembang,’ tuturnya.

“Minat baca dalam perpustakaan ini bisa menambahkan karakter pada anak karena Literasi adalah awal mula pola berfikir kita. Kegiatan semacam ini harus terus ditingkatkan. Saya berharap kepada Mutiara Rindang harus terus melangkah maju untuk mengembangkan baca anak melalui adanya perpustakaan disekolah-sekolah lainnya,’ harapnya.

Lanjut Bambang, pihak orang wali murid maupun wali kelas harus bisa memahami literasi-literasi dibaca yang pas untuk dibaca anak jangan sampai kedua wali tersebut mendampingi anak yang membaca yang tidak ada penambahan ilmu atau manfaatnya,’ pintanya.

“Selain itu saya berharap para orang tua untuk bisa mencerna akan isi literasi yang ada yang dibaca oleh anak. Orang tua harus bijak dalam berfikir untuk memjukan anak dalam pola pikir kesehariannya. Bagaimana cara meningkatkan layanan minat baca pada anak, orang tua maupun wali murid harus mendorong apapun sifat dan bentuknya agar murid gemar membaca,’ tegasnya.

“Ingat, siswa adalah anak dan penerus bangsa, siswa wajib diberi ketegasan dalam pembelajaran sekolah. Siswa juga punya hak belajar di sekolah”,’ tutup Bambang.

(HERI)


Loading...

Pos terkait

Loading...