Melalui MCS, BPJS Kesehatan Ajak Masyarakat Manfaatkan Layanan Autodebit

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Mobile Customer Service (MCS) merupakan salah satu kanal layanan BPJS Kesehatan dengan prinsip jemput bola, dengan mendatangi peserta secara langsung di lokasi strategis pelayanan publik.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Nur Hidayat, Jumat (20/19/2019) di Biak mengatakan, bahwa kegiatan MCS rutin dilakukan berkeliling dengan spot yang berbeda tiap harinya dengan pelayanan pemberian informasi Program JKN-KIS, pelayanan pendaftaran peserta baru, perubahan, serta edukasi terkait layanan Autodebit.

Muat Lebih

“Layanan autodebit merupakan inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kolektabilitas iuran,” kata Hidayat.

Dengan layanan autodebit peserta JKN-KIS khususnya Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri tidak perlu khawatir terlambat atau kelupaan membayar iuran tiap bulan, karena iuran peserta secara otomatis akan terpotong dari rekening peserta yang didaftarkan, asalkan di rekening harus terdapat saldo yang cukup untuk dilakukan pemotongan.

Dayat menambahkan, bagi peserta ataupun calon peserta yang tidak memiliki rekening dari salah satu Bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, maka peserta dapat memanfaatkan fitur baru pada aplikasi Mobile JKN.

“Sekarang sudah ada fitur baru diaplikasi Mobile JKN, yakni fitur Pendaftaran Autodebit. Karena selama ini yang saya lihat, peserta sampai menunda pendaftaran hanya karena tidak memiliki rekening salah satu bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, maka, dengan fitur ini, kendala tersebut dapat teratasi,”jelasnya.

Mario Rumaropen (23), peserta mandiri kelas 2, mengapresiasi dan menyambut baik hadirnya layanan MCS .

“Saya sangat senang dengan kehadiran MCS di tempat kami. Menurut Saya, infromasi terkait layanan autodebit ini sangat bermanfaat dan memudahkan karena peserta tidak repot lagi pergi ke kantor pos atau Bank tiap bulan membayar iuran miliknya dan keluarga, jadi saya rasa tidak ada alasan bagi saya untuk tidak mendaftar autodebit. Apalagi sistem autodebit memang khusus diterapkan untuk memudahkan peserta mandiri,” tutup Mario.

(JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...