Bawaslu Blora Ajak Masyarakat Partisipasi Pengawasan

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Blora mengajak masyarakat untuk berperan aktif ikut melaksanakan pengawasan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan ketua Bawaslu Blora Lulus Mariyonan saat menggelar pentas seni budaya dengan tema “Sosialisasi Pengawasan Partisipasif Berbasis Budaya” yang dihadiri sejumlah pejabat forkopimda di halaman kantor Bawaslu yang berada di Jl. RA. Kartini No. 12 Blora, Sabtu (23/11/2019) malam.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Blora mengatakan bahwa tahapan Pilkada tahun 2020 sudah dimulai. Dirinya mengajak kepada masyarakat Blora untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada.

“Hal-hal penting yang ingin kami sampaikan kepada masyarakat Blora bahwa tahapan Pilkada tahun 2020 sudah resmi dimulai. Maka dari itu, kami mendorong partisipatif masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan Pilkada. Sehingga, pelaksanaan Pilkada tahun 2020 nanti akan berjalan dengan lancar, aman, tertib dan kondusif,” ucap Lulus.

Melalui seni Barongan ini, selain mengangkat potensi budaya lokal juga diharapkan dapat meningkatkan peran dan partisipasipasi masyarakat dalam proses Pilkada tahun 2020 nanti. Lulus juga memaparkan kesuksesan dari pelaksanaan pemilihan umum yang sudah dilakukan kemarin.

“Seni budaya bisa menarik minat banyak orang untuk berkumpul di satu titik tertentu yang telah ditentukan, sehingga Bawaslu akan lebih mudah dalam mengampanyekan peran aktif masyarakat agar ikut melakukan pengawasan. Kita sepakat untuk pemilu di Blora, kita selenggarakan dengan sukses,” paparnya.

Menurut Lulus, indikator kesuksesan pemilu antara lain; partisipasi jumlah pemilihnya tinggi (lebih dari 80%), tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (semua pihak menerima hasil pemilu), tidak ada money politik, tidak ada penyebaran informasi bohong atau hoax dan netralitas bagi pihak-pihak yang diatur oleh undang-undang.

Dalam kesempatan tersebut Purwadi Setiono, SE, selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Setda Blora yang mewakili Bupati Blora berharap masyarakat menggunakan hak pilihnya demi kesuksesan Pilkada.

“Harapan kami, masyarakat berduyun-duyun ke TPS dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 nanti untuk memberikan hak pilihnya pada tanggal 23 September. Kami berharap juga, ada sinergitas antara Pemkab Blora dengan KPU dan Bawaslu didalam penyelenggaraan pemilu di kabupaten Blora agar berjalan lancar, aman dan kondusif,” pesannya.

(Arifin)


Loading...

Pos terkait

Loading...