Dikukuhkan Menjadi Polresta Banyuwangi, Tongkat Komando Dipegang AKBP Arman Asmara

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Banyuwangi – Kepolisian Resort (Polres) Banyuwangi telah resmi berubah tipe menjadi Kepolisian Resort Kota (Polresta) Banyuwangi. Pengukuhan ini, dipimpin langsung Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur (Jatim) Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si, dihalaman Mapolresta Banyuwangi, pada Senin (20/11/2019).

“Tipe meningkat, tugas yang diemban tambah berat. Destinasi wisata luar biasa disini, bukan hanya turis domestik tapi juga mancanegara. Ini menjadi prioritas pengamanan karena ekonomi yang pesat dan kunjungan wisata yang meningkat bakal disertai angka kejahatan yang naik,” kata Kapolda Jatim.

Bacaan Lainnya

Seiring dengan dilakukannya pengukuhan Polresta Banyuwangi, secara otomatis pemegang tongkat komando pun terjadi pergantian. Dimana sebelumnya kursi pimpinan diduduki AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi SIK, saat ini digantikan AKBP Arman Asmara Syarifudin SIK, selaku Kapolresta Banyuwangi. Prosesi serah terima jabatan keduanya digelar bersamaan dengan acara pengukuhan Polresta.

“Kapolresnya ganti, yang tadinya eselonnya AKBP atau 2B tiga, sekarang menjadi 2B dua yaitu menjadi kombes,” tutur pria lulusan Akpol tahun 1987 itu.

Merujuk penjelasan Kapolda Jatim tersebut, Arman Asmara yang kini masih berpangkat AKBP bakal menyandang sebagai Komisaris Besar Polisi (Kombes). Kenaikan pangkat itu diperkirakan bakal turun pada 2020.

Acara kali ini terbilang istimewa. Kapolda bersama jajarannya yang ada di Polda, serta seluruh Kapolres dibawah satuan Polda Jatim rela datang ke Kabupaten yang berada di ujung timur pulau jawa, demi menggelar prosesi serah terima jabatan dan pengukuhan Kapolresta.

Hal itu lantaran di Jawa Timur yang polresnya mengalami kenaikan tipe hanya dua. Yakni Polres Banyuwangi dan Polres Malang Kota.

“Saya titip kepada warga dan pemerintah agar tetap terus bersinergi agar kedepan tetap lebih baik,” jelas jenderal bintang dua.

Dengan adanya peningkatan tipe itu, secara otomatis berpengaruh terhadap jabatan struktural di Polresta Banyuwangi. Sejumlah perwira telah mengalami pergeseran. Ada pula yang diangkat sebagai pejabat sementara (PS) karena dari sisi kepangkatan yang belum memenuhi syarat.

“Mudah-mudahan pergantian ini bisa menjalin hubungan yang selama ini baik, dan Kapolres baru agar bisa komunikasi dengan Forkopimda demi menjaga marwah keberhasilan yang dilakukan polres yang sebelumnya,” pungkasnya.

Diketahui, hadiri pula dalam acara tersebut, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Banyuwangi, yaitu Bupati, Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari), Kepala Pengadilan Neger, Dandim 0825, Danlanal. Selain itu hadir juga ketua MUI Banyuwangi serta para tamu undangan lainnya.

(Bud)


Loading...

Pos terkait

Loading...