Minggu Militer di Desa Raci, Dandim Pati Pamitan

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Pati – Ratusan Prajurit TNI AD Kodim 0718/Pati penuhi lapangan Desa Raci kecamatan Batangan dalam rangka kegiatan Minggu Militer bulan November.

Kegiatan rutin oleh jajaran Kodim 0718/Pati, yakni Minggu Militer pada minggu keempat dalam setiap bulan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengambil lokasi diluar Makodim 0718/Pati secara bergiliran setiap bulannya keliling seluruh wilayah Kabupaten Pati.

Bacaan Lainnya

Selama seminggu, para prajurit digembleng materi dasar keprajuritan sebagai upaya Back To Basic untuk menyegarkan kembali tentang ilmu-ilmu militer. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan serta menambah penguasaan wilayah bagi para Prajurit. Selain itu pula, untuk menjalin silahturahmi dengan warga masyarakat diseluruh wilayah pembinaan Kodim 0718/Pati yang terdiri dari 21 Kecamatan.

Pada bulan November kali ini, Koramil 15/Batangan mendapatkan giliran sebagai tuan rumah. Kegiatan dipusatkan di lapangan desa Raci Kecamatan Batangan. Kegiatan Ketahanan Mars yang dilaksanakan salah satu tujuannya untuk membina fisik para prajurit kodim 0718/Pati untuk menunjang pelaksanaan tugas yang menjadi tanggung jawab para Prajurit.

Mulai pukul 07.00 Wib seluruh prajurit Kodim 0718/Pati melaksanakan apel pagi yang diambil langsung oleh Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much. Sholihin, S.Ag, M.Si.

“Kita akan melaksanakan kegiatan pembinaan fisik yaitu Ketahanan Mars yang akan menempuh jarak sekitar 5 KM disekitar Desa Raci dan sekitarnya,” ucap Kasdim, Rabu (27/11/2019).

Kasdim menambahkan kepada prajurit yang mengikuti kegiatan agar semangat dan menjaga faktor keamanan, terutama kesehatan masing-masing prajurit.

“Laksanakan dengan penuh semangat, tetapi perhatikan faktor keamanan dalam melaksanakan setiap kegiatan. Apabila yang kurang sehat, segera laporan kepada penyelenggara latihan, cek tensi/tekanan darah kepada tim kesehatan lapangan yang sudah stanby dari DKT/Rumah sakit Marga Husada yang selalu mengikuti gerakan kita nanti,” ungkap Sholihin.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0718/Pati Letkol Arm. Arief Darmawan, S. Sos juga turut hadir dan melaksanakan kegiatan mulai awal sampai akhir. Dandim 0718/Pati menyampaikan banyak terima kasih kepada kepala desa Raci, Mamik Eko Trimurti yang telah menyambut kedatangannya bersama para prajurit dengan sambutan yang tergolong istimewa.

“Saya menghaturkan banyak terima kasih kepada ibu Mamik Kades Raci yang telah menyambut kami dengan sangat luar biasa, saya merasa sangat tersanjung. Biasanya kegiatan yang kami laksanakan keliling wilayah sekabupaten Pati hanya sekedar latihan saja. Namun, kali ini ibu kades bersama perangkat desa Raci memberikan sambutan kepada kami tergolong luar biasa. Mohon maaf kalau kami telah merepotkan ibu kades Raci,” ujar Dandim.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0718/Pati berpamitan kepada seluruh prajurit yang berkumpul.

“Dalam kesempatan ini pula saya juga ingin berpamitan kepada seluruh Prajurit Kodim 0718/Pati yang telah berkumpul dengan saya sekitar dua tahun. Mohon maaf, apabila saya dan keluarga membuat kesalahan yang tidak kami sengaja. Insha Allah, silahturahmi akan tetap terjalin dan saya akan singgah ke Kodim Pati apabila kebetulan lewat kesini,” tuturnya.

Di akhir acara, Dandim menyempatkan menyanyi bersama dengan didampingi Kepala desa Raci beserta perangkat desa yang berbaur bersama para Prajurit Kodim 0718/Pati. Letkol Arm Arief Darmawan, S. Sos melantunkan satu buah lagu milik grup band Republik yang berjudul “Aku Takut” yang disambut dengan tepuk tangan dan rasa suka cita serta rasa takut kehilangan sesuatu bercampur aduk menjadi satu, sesuai dengan isi lirik lagu yang menceritakan tentang seseorang yang takut akan kehilangan Cinta.

(Arifin/PndPati)


Loading...

Pos terkait

Loading...