Pemkot Kediri Sambut HUT KORPRI dan PGRI

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri – Pemerintah Kota Kediri menggelar upacara bendera memperingati tiga momentum sekaligus, yakni Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Negeri Sipil (KORPRI) ke-48, HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 dan HUT Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2019. Mengusung tema berbeda “Korpri Berkarya, melayani dan menyatukan bangsa” serta “peran strategis guru dalam meningkatkan SDM Indonesia unggul” yang dilaksanakan di halaman Balaikota Kediri, Jumat (29/11) pagi. Bertindak sebagai inspektur upacara Sekretaris Daerah Kota Kediri, Budwi Sunu HS.

Bacaan Lainnya

Membacakan amanat Walikota Kediri, Budwi Sunu menyampaikan selamat memperingati HUT Korpri ke-48 dan HUT ke-74 PGRI kepada segenap keluarga besar Korpri di seluruh tanah air. “Empat puluh delapan tahun bukanlah usia yang singkat. Namun saya bangga karena Korpri terus berusaha untuk menguatkan eksistensinya, terus meningkatkan kompetensi dan kinerjanya dalam melayani masyarakat. Saya menyadari sepenuhnya, bahwa baik dan buruknya pelayanan pemerintah kepada masyarakat berada di tangan anggota Korpri. Harapan masyarakat saat ini terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik sangat besar. Karenanya, saudara-saudara sebagai insan aparatur negara dituntut untuk mampu memberikan pelayanan publik yang semakin cepat, mudah, terjangkau dan terukur,” Ungkap Sunu.

Sunu melanjutkan agar Korpri senantiasa memahami dan melaksanakan penataan birokrasi yang bersih dan kompeten, serta merubah pola pikir dan budaya kerja menjadi aparatur negara yang lebih gigih, cerdas, inovatif, dan tanggap terhadap dinamika yang terjadi dalam masyarakat. “Saya yakin dan percaya, saudara-saudara sanggup untuk melaksanakannya,” tandasnya.

Sejalan dengan tema HUT Korpri Tahun 2019 yaitu berkarya melayani dan menyatukan bangsa, Sunu mengajak seluruh anggota Korpri untuk meningkatkan kinerja terutama pelayanan publik. “Sarana prasarana Kota Kediri sudah semakin bagus dan hampir semua pelayanan serba online. Baik di kelurahan, kesehatan dan seluruh sektor pelayanan lainnya. Saya harapkan ini berimplikasi pada kualitas pelayanan yang diberikan,” ujarnya.

Sunu sekaligus menyampaikan pesan agar para anggota Korpri semakin disiplin dan produktif karena sekarang sudah ada aplikasi e-kinerja yang langsung berimplikasi pada TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai). “Jika memiliki ide, inovasi atau terobosan-terobosan baru yang lebih baik dan lebih bermanfaat jangan takut untuk memulai. Insya Allah, melalui ikhtiar ini kita dapat mewujudkan masyarakat yang maju, sejahtera dan bermartabat. Bersamaan dengan HUT Korpri, hari ini kita juga memperingati HUT PGRI ke 74. Kita bersyukur, Kota Kediri dalam situasi aman dan kondusif,” ungkap Sunu.

Sejalan dengan amanat Mendikbud pada peringatan hari guru yang diperingati beberapa waktu lalu, bahwa sebagai guru mulai melakukan perubahan, jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah dan segera ambil langkah pertama. Karena semua berawal dan berakhir dari guru. “Tentu ini bukanlah tugas yang mudah. Namun menjadi guru merupakan tugas mulia. Untuk itu, dalam kesempatan ini saya berpesan, agar terus mengembangkan diri dengan terus belajar mengikuti laju perubahan zaman bersama teman sejawat. Dan terus ikhlas berjuang menjalankan peran, tugas, dan tanggung jawab mulia sebagai garda terdepan dalam pencerdasan kehidupan bangsa. Satu hal yang perlu diingat, peran guru sebagai pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sunu memberikan motivasi kepada para guru di Kota Kediri agar selalu semangat dan amanah dalam mendidik generasi bangsa.
“Amal yang paling hebat bagi seorang guru adalah mendidik, dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar. Ketika melihat murid-murid yang menjengkelkan dan melelahkan terkadang hati kita tersiksa namun hadirkanlah gambaran bahwa diantara satu dari mereka, kelak akan menarik tangan kita menuju surga. Pengabdian kita adalah mengajar. Murid kita adalah butiran tasbih pengabdian kita. Selamat berjuang para guru,” ucap Sunu.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan taliasih kepada 40 ASN golongan 1 dan 2 yang telah purna tugas, Bonus Pornas Bangka Belitung untuk 2 orang ASN yang menjuarai Tenis Lapang Internasional 2019 dan Bulu tangkis juara 2 beregu dan ganda putri. Diserahkan pula hadiah uang pembinaan dan piagam bagi para pemenang lomba pertandingan futsal ASN antar OPD dan Pertandingan catur antar ASN yang beberapa hari sebelumnya juga diselenggarakan untuk memperingati HUT Korpri Tahun 2019.

Turut Hadir dalam upacara tersebut Forkopimda Kota Kediri, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala Opd, Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Kediri serta Ketua dan Pengurus PGRI Kota Kediri.

(pan/hms)


Loading...

Pos terkait

Loading...