Kades Tarusan Pertanyakan Izin Galian C di Wilayahnya

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Barito Selatan – Pemerintah Desa (Pemdes) Tarusan Kecamatan Dusun Utara Kabupaten Barito Selatan telah melayangkan surat keberatan kepada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Kalimantan Tengah terkait diterbitkannya izin galian C di wilayah Desa setempat kepada seorang bernama M Sakura.

Surat yang dilayangkan Pemdes Tarusan bernomor 0174/pemdes/DT /VII/ 2019 tertanggal 22 Juli 2019 yang ditandatangani dan di cap tersebut berbunyi keberatan penerbitan IUP OP mineral bukan logam dan batuan komoditas krikil berpasir alam (Sirtu ) atas nama M Sakura di wilayah Desa Tarusan seluas 5 Ha yang di keluarkan perizinan ekplorasi pada tanggal 27 Juni 2019 oleh Dinas DPM PTSP Provinsi Kalimatan Tengah.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Tarusan, Sabarudin mengungkapkan, sesuai surat sanggahan pihaknya pada 22 Juli 2019 kemarin yang tanpa persyaratan rekomendasi dari desa dan persetujuan lingkungan setempat kok bisa di proses oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalteng.

“Saya pada tahun 2019 ini dan perangkat Desa tidak pernah memberikan rekomendasi perizinan atas nama M Sakura,” ungkap Sabarudin dengan nada bingung.

Sabarudin melanjutkan, memang pernah M Sakura itu mengajukan atau meminta rekomendasi perizinan uasaha galian C di wilayah Desa Tarusan, tapi kepada Kades yang lama.

“Dia pernah minta rekomendasi, tapi itu pada waktu Kepala Desa yang lama, di tahun 2015 lalu dan masa jabatan Kades terdahulu sudah berakhir pada tahun 2016 lalu,” bebernya pada Senin (2/12/2019).

Menurut Sabarudin lagi, sangat mustahil kalau tanpa di lengkapi persyaratan dari Desa bisa di proses oleh Dinas terkait.

“Didalam hal ini kami menduga persyaratan pembuatan izin galian C atas nama M Sakura dalam indikasi kami di rekayasa bahkan di duga tidak menutup kemungkinan pemalsuan cap dan tanda tangan, karena di tahun 2019 ini kami tidak pernah membubuhkan tanda tangan dan merekomendasi izin usaha tentang galian C kepada yang bersangkutan,” tandas Sabarudin.

Secara terpisah, M Sakura mengaku perihal tersebut hanya alasan Kades itu saja untuk mengalihkan fakta, karena dari Dinas PTSP memang tidak ada rekomendasi, cuma ada diminta keterangan domisili saja.

“Itu faktanya ada Dumasnya di Reskrim Tipidter Polres Barito Selatan, tapi sudah diselesaikan dari pihak Kecamatan. Saya rasa tidak ada masalah lagi dengan Kepala Desa dan para nelayan, karena sudah diselesaikan permasalahannya di Tripika Kecamatan Dusun Utara dan surat berita acaranya ada,” ujar M Sakura.

(LatifK)


Loading...

Pos terkait

Loading...