Kota Surabaya Lebih Siap Hadapi Musim Hujan Tahun Ini

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Surabaya – Bu Risma sidak serta kunjungan dibeberapa lokasi untuk mengecek kesiapan menjelang musim hujan. Kunjungan pertama, melihat rumah pompa ikan mungsing yang berada di Surabaya Utara pada Senin (2/12/2019).

Tidak lama kemudian, Walikota Surabaya Bu Risma mengecek kesiapan di ujung Surabaya Barat, yakni Rumah Pompa di Sumberrejo dan tanggul teluk Kali Lamong.

Bacaan Lainnya

Tanggul ini memiliki panjang 12 km yang terhubung hingga rumah pompa. Selain itu, tanggul ini dibuat double, di tengahnya ada akses jalan.

Kawasan tanggul dan rumah pompa ini memiliki luas sekitar 150 hektar. Manfaat tanggul ini, menjaga kawasan Surabaya barat dari meluapnya kali lamong.

Sedangkan Rumah Pompa Sumberrejo berfungsi untuk menjaga kapasitas air. Di sekitarnya, ada 6 waduk yang juga siap menampung air.

“Membuat tanggul kalau dari beton, kita gak punya uang. Jadi akhirnya buat tanggul dari tanah di sekitarnya. Tanahnya dikeruk sehingga bisa menjadi bozem,” kata Bu Risma.

Saat ini, kata Bu Risma, prioritas pengerjaannya yaitu pintu air dan pompa. Sedangkan rumah pompanya, akan dibangun usai kedua hal tersebut selesai.

Kunjungan terakhir, juga memantau pengerjaan box culvert di kawasan sememi yang belum selesai. Bu Risma, juga meminta agar pengerjaan box culvert tersebut diselesaikan segera.

Saat ini, pengerjaan box culvert diutamakan di kawasan yang kritis. Ini dikarenakan musim hujan yang akan segera tiba.

“Setiap rumah pompa ada gensetnya. Tahun ini Surabaya lebih siap daripada tahun kemarin. Tuhan berencana, yang terpenting kita sudah berusaha,” tegas Tri Rismaharini.

(Ard)


Loading...

Pos terkait

Loading...