Sholawatan Untuk Ketentraman Desa

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo – Selamatan desa atau Ruwat Desa dan atau biasa disebut dengan bersih desa adalah kegiatan syukuran yang dilakukan untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat, serta upaya untuk menjauhkan desa dari segala mara bahaya.

Selain itu, selamatan desa atau bersih desa juga di maknai sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas panen hasil bumi yang telah diperoleh. Sedangkan bentuk dari kegiatan selamatan desa sangat beragam, mulai dari mengadakan syukuran bersama baik di masjid maupun pendopo balai desa, ataupun dengan menggelar pertunjukan kesenian-kesenian daerah.

Bacaan Lainnya

Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon merupakan salah satu desa yang mengadakan kegiatan bersih desa atau selamatan desa. Desa Benjor mengadakan beberapa rangkaian acara, di antaranya yaitu khataman Alquran, tasyakuran (tumpengan), serta Ludruk.

Ketua Panitia Acara, M. Dofir saat dikantor Desa, Rabu (4/12) mengatakan
kita adakan sekamatan desa adalah untuk menjunjung tinggi adat desa kami karena ini (ritual) merupakan peninggalan sesepuh desa kami yang bertahun-tahun dilakukan,’ katanya.

“Kemarin malam tepatnya, kita adakan Istighosah di Balai Desa Kedungrejo dan Burdah keliling desa sambil membaca Sholawat. Ini semua untuk menetralkan hawa panas dan negatif sehingga desa akan menjadi sejuk, nyaman dan tentram”, ucapnya.

Lanjut Dofir, dan sekarang untuk penutup kalanjutan dari kemarin malam yakni kita adakan Khotmil ‘quran dengan harapan agar desa diberi rejeki, panen padi melimpah serta dijauhkan dari marabahaya,’ terangnya.

Kades Kedungrejo, Agus Baihaqi diruang kerjanya mengucapkan saya ucapkan terima kasih kepada semua panitia acara atas kerjasama sehingga kegiatan acara istighosa dan burdah keliling desa lancar tanpa kendala suatu apapun,’ ucapnya.

Masih Kades, dan nanti pada acara kesenian tradisional yang juga untuk ruwat desa juga lancar sesuai rencana. Selamatan desa tak lain dan tak bukan adalah untuk membersihkan desa kedungrejo dari hal-hal buruk yang tidak kita inginkan. Dan juga untuk keselamatan warga desa secara umum serta rejeki, usaha para warga apapun itu biar berjalan mendapat hasil yang baik sehingga warga dalam keseharian serba tercukupi baik secara ekonomi maupun kesehatan. Selain itu juga kita minta kepada semua warga untuk saling rukun dan menghargai satu sama lain sehingga akan tercipta rasa silatuhromi dan kekeluargaan akan terjaga dengan baik,’ tutupnya.

(HERI)


Loading...

Pos terkait

Loading...