Workshop Pelatihan Memilih Ayam Sehat

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kendal – Komunitas Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kendal Jawa Tengah bekerjasama dengan Komonitas Tani Organik Indonesia dan Omah Kemas Production atau Kelompok Masyarakat Peduli Pangan Sehat dan Berkualitas mengadakan kegiatan Workshop Kemandirian Pangan di Cafe Kabelan Ngopi Sukomulyo Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal, Minggu (08/12/2019).

Acara Workshop Kemandirian Pangan tersebut merupakan tahap pertama dari program yang dirancang oleh Komonitas UMKM Kendal.

Untuk tahap pertama program dari Komonitas UMKM Kendal ini akan mengupas tuntas tentang Ayam yang sehat untuk di konsumsi keluarga.

Dewan Pembina Komunitas UMKM Kendal, Rudy, menyampaikan bahwa dalam upaya meningkatkan UMKM yang ada di Kendal, dirinya beserta pengurus UMKM Kendal berupaya memberikan pelatihan- pelatihan dan juga wawasan atau pengetahuan terkait pengelolaan atau menejemen pemasaran produk.

” program ini akan terus berlanjut, dan kita sudah merencanakan beberapa program lainnya untuk kemajuan UMKM yang ada di Kendal,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, bahwa pelatihan kali ini membahas tentang bagaimana memilih ayam yang sehat dan bagaimana membudidayakannya.

Menurutnya, memilih bahan pangan untuk keluarga harus yang berkualitas, karna ini merupakan hal penting, seperti kualitas gizinya, vitaminnya dan juga yang tak kalah penting terjaga kesehatan pangan itu.

” Dalam pelatihan ini juga dipaparkan terkait pengetahuan soal pangan yang sehat dan aman,” paparnya.

Ketua Umum UMKM Indonesia Muhammad Umar mengatakan, Selama ini UMKM Kecil tidak ada yang memperhatiakan dan tidak ada yang membimbing dan membina.

” Mulai Dari situlah kita bersama teman-teman UMKM lainya membentuk Komonitas ini,” katanya.

Ia menyampaikan, tujuan dibentuknya Komonitas UMKM yaitu untuk membantu mengembangkan usahanya para pelaku UMKM yang ada dadrah-daerah yang tersebar di seluruh Indonesia. Suapaya usaha mereka yang berpotensi besar atau peluang besar bisa berkembang dan bisa sampai go Internasional.

” Ada dari salah satu anggota kita yang produknya sudah go Internasional,” tuturnya.

Ia menambahkan, adapun produk kita yang sudah bisa menembus go Internasional yaitu Nasi Goreng dan Rendang.

” Nasi Goreng dan Rendang dari kita menduduki posisi pertama dalam katagori paling enak rasanya,” paparnya.

Ia menuturkan, kita akan terus membentuk kelompok atau Komonitas UMKM di setiap wilayah atau daerah yang ada di Indonesia. ” Komonitas UMKM ini sudah tersebar di 23 provinsi yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Adapun legaliatas Komonitas UMKM Saat ini lagi di proses, sambil menunggu SK kita akan selelu merancang program-program untuk kemajuan dan kemandirian anggota Komonitas UMKM.

” Kita akan sellau melakukan pembinaan pada mereka mereka agar menejemen mereka tertata rapi,” pungkasnya.

(Zamroni)


Loading...

Pos terkait

Loading...