Optik Internasional Biak Komitmen Berikan Layanan Peserta JKN-KIS

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Dalam upaya menjaga mutu yang diberikan oleh optik mitra BPJS Kesehatan, maka BPJS Kesehatan secara berkala melakukan rekredensialing. Kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor melakukan rekredensialing terhadap Optik Internasional, Kamis (12/12/2019).

Hal ini dilakukan untuk memastikan Optik Internasional berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sesuai dengan standar dan ketentuan dalam rekredensialing yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Muat Lebih

Kepala Bidang Penjamin Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Wirdaos Alamhudi menjelaskan, hal ini dilakukan agar kepuasan dan kenyamanan peserta JKN-KIS terjaga, mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui mitra kerja BPJS Kesehatan harus dipastikan melewati proses seleksi dan penilaian secara berkala setiap tahun.

“Proses rekredensialing ini dilakukan setiap akhir tahun sebelum berakhirnya Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan mitra dalam hal ini Optik yang akan dilakukan perpanjangan. Ini dilaksanakan dalam rangka penilaian kembali fasilitas kesehatan apakah masih sesuai dengan fasilitas untuk perpanjangan PKS berikutnya serta merupakan salah satu upaya untuk menjaga serta meningkatkan mutu serta kepuasan peserta,” tutur Wirdaos.

Menurut Wirdaos, untuk pelayanan kacamata di Kabupaten Biak Numfor, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor telah bekerja sama dengan dua Optik, yakni Optik Internasional dan Optik Matahari. Khusus untuk Optik Internasional sendiri sampai dengan saat ini masih berjalan baik dan tidak ada keluhan atau keluhan dari peserta. Untuk itu ia berharap kualitas pelayanan seperti ini bisa dijaga, bahkan kalau bisa ditingkatkan.

Proses rekredensialing ini disambut baik oleh Penanggung Jawab Optik Internasional Biak, Komarudin, saat ditemui di sela-sela proses rekredensialing. Menurutnya proses rekredensialing memang perlu dilakukan karena pasti selalu ada perubahan. Selain itu, ia juga berpendapat bahwa proses rekredentialing ini dapat memacu Optik-Optik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk menjadi lebih baik lagi guna memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

“Jadi menurut saya proses rekredensialing ini sangat baik dan sangat membantu untuk menunjang kesiapan optik untuk memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Kami berharap kerja sama ini menjadi semangat untuk melayani peserta JKN-KIS, karena melalui kerja sama ini usaha Optik semakin berkembang sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Komarudin.

Sebagai informasi dalam hal manfaat tambahan kacamata, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan optik untuk penyediaaan kacamata sesuai dengan standar dan kalsifikasi harga subsidi bantuan yang diberikan sesuai dengan hak kelas rawat peserta yakni, kelas satu sebesar 300 ribu rupiah, kelas dua sebesar 200 ribu rupiah, kelas tiga sebesar 150 ribu rupiah. Adapun pelayanan kacamata tersebut diberikan untuk jangka waktu 2 tahun sekali.

(JER/ABDI)


Loading...

Pos terkait

Loading...