Peduli Lingkungan, 600 Pohon Ditanam Polres Supiori

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Supiori – Sebanyak 600 pohon dari berbagai jenis ditanam Polres Supiori secara serentak di wilayah Kabupaten Supiori. Penanaman secara simbolis dilakukan bersama jajaran Polres Supiori bersama Pemda di Kawasan Hutan Manggrove, Selat Sorendiweri, Supiori, Jumat (10/1).

Kapolres Supiori, AKBP I Made Budi Dhrama, SE mengatakan, total ratusan tanaman yang ditanam secara serentak itu dilakukan dalam rangka Polri Peduli Penghijauan. Selain di wilayah perkotaan, penanaman pohon juga dilaksanakan di tiap polsek di lingkungan Polres Supiori.

“Penanaman pohon serentak ini bentuk kepedulian kami dalam menjaga lingkungan, ada beberapa jenis pohon yang ditanam yakni Manggrove, Trambesi, kelapa dan benerapa jenis pohon lainnya,” ungkapnya.

Disebutkan, tanaman sangat berperan sebagai penyangga kehidupan sekaligus kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi dan manfaat lingkungan lainnya. Selain itu, sebagai penghasil oksigen dan konservasi keanekaragaman hayati. Selain itu, ini salah satu cara kita melestarikan lingkungan sehingga memberikan dampak yang bermanfaat bagi anak cucu kita dimasa yang akan datang.

“Ini adalah upaya untuk menjaga terus kelestarian alam di Kabupaten Supiori. Lahan di sekitar kita harus terus dilestarikan dan dijaga bersama. Dengan penanaman ratusan pohon ini diharapkan bisa mempertahankan fungsi hutan yang masih asli dan hijau di sini. Kami bersyukur di Supiori pohon-pohon masih banyak, kita bisa menghirup udara segar dibandingkan kota-kota besar lainnya dan walau curah hujan tinggi pun masih bisa menahan air yang ada dan air tersebut bisa kita manfaatkan, intinya penanaman pohon ini tujuannya untuk kelestarian lingkungan, Tutur Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama-sama dalam menjaga kelestarian hutan yang ada saat ini.

“Kita mengajak kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga kelestarian hutan yang ada saat ini. Sehingga, tetap aman,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada tokoh masyarakat dan LSM peduli lingkungan, untuk menyadarkan seluruh lapisan masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan alam sekitar. Caranya, yaitu dengan membangun kebiasaan menanam pohon secara berkelanjutan.

Sementara itu, mewakili Bupati Supiori, Drs Hasanuddin Nusi Sekda Pemkab Supiori menyampaikan apresiasi kepada Polres Supior turut menjaga lingkungan dengan penanaman pohoni.

“Pada hari ini, saya bersyukur bahwa kita bisa melakukan penanaman pohon, pemkab supiori tentunya mengapresiasi Polres Supiori yang melaksanakan kegiatan ini, karena ini juga merupakan program pemkab untuk menjaga lingkungan dan juga secara kodrati sebagai manusia sudah sepatutnya kita berkewajiban menjaga alam, karena ketika kita bersahabat dengan alam maka sebaliknya alam pun akan bersahabat dengan kita, Pungkas Sekda.

(JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...