Temui Aktivis, Bupati Minta Data Akurat dan Tidak Bangun Opini

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd menerima sejumlah aktivitas dari elemen masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), di Gedung Wanita, Rabu (29/1/2020). Ia memenuhi janjinya untuk mengudang para aktivis mendengar pendapat terhadap hal-hal yang ditanyakan di Kantor DPRD Biak Numfor, Senin (27/1/2020) sebelumnya.

“Hari ini kami dari pemerintah daerah mengundang Forum Peduli Kawasa Biak, maupun LSM Kampak untuk bersama – sama berdiskusi. Sebagai pemerintah kami menghargai itu. Demo adalah bagian dari demokrasi yang patut di junjung apalagi berbicara mengenai memberantas korupsi, ini adalah hal yang positif,” kata bupati.

Muat Lebih

Sebelumnya para aktivis mengemukakan benerapa hal yang dipertanyakan seperti dana Prospek tahun 2016, dana guru kontrak, dana BOK dan sejumlah hal lainnya.

Terkait dengan itu Bupati Herry A Naap menjelaskan satu persatu duduk persoalan yang menjadi pertanyaan para aktivis dan menantang mereka supaya melaporkan serta mengawal kasus dugaan penyalagunaan anggaran dimaksud ke pihak berwajib, dalam hal ini Kejaksaaan dan Kepolisian. Tak hanya itu, Bupati juga meminta supaya dikawal dengan tuntas, hanya saja Bupati berpesan supaya apa yang disampaikan itu benar-benar ditindaklanjuti dengan niat tulus tanpa diboncengi kepentingan tertentu.

“Saya menghargai sikap kritis dari teman-teman aktivis dan elemen masyarakat lainnya, oleh karena itu dari pada kita seolah-olah saling curiga dan membangun opini yang membingunkan msayarakat, saya berharap supaya data-data akurat disampaikan secara terbuka, ini yang diduga korupsi atau menyalagunakan, lalu lapor ke pihak berwajib lalu kawal sampai tuntas hingga pengadilan. Kalau perlu saya juga ikut antar teman-teman lapor ke pihak berwajib,” kata Bupati.

Sebelumnya menjawab pertanyaan para aktivias, Sekjen Kampak Johan Rumkorem dan beberapa aktivitas dari elemen masyarakat lainnya menyampaikan tentang dugaan penyalagunaan dana Prospek tahun 2016, dana guru kontrak, BOK dan sejumlah lainnya menurut mereka.

“Saya mengajak kita semua untuk, tidak memberikan opini tanpa data yang valid,” tegasnya.

Pertemuan yang dilakukan dimaksudkan untuk berdiskusi bersama anatara pemerintah dan masyarakat mencari solusi dan saran dari semua elemen masyarakat.

Bupati juga meinta para aktivis dan semua elemen masyarakat tanpa terkecuali membangun perstuan dan kesatuan untuk membangun Kabupaten Biak Numfor. Kontrol dan masukan serta pendapat yang dinilai membangun sangat dibutuhkan.

“Saya mengapresiasi LSM dan masyarakat yang mengawal pemerintahan untuk memperoleh pemerintahan yang nersih yang benar – benar berpihak kepada maayarakat, namun saya menghimbau opini yang dibangun tidak sekedar hanya mendengar informasi dari orang tetapi menunjukan data yang temui. Kalo mereka mempunyai data lengkap, mari kita dorong sama – sama ke penegak hukum”, ucapnya.

“Mari sebagai anak Biak, kita bersatu dan harapan saya kita bersatu membangun Biak Numfor. Jangan kita anak-anak Biak yang justru membangun opini yang tidak baik bagi kabupaten ini, kalau ada persoalan kita tempatkan persoalan dimaksud pada rel, silakan saja dikritisi dan didorong untuk diproses sesuai mekanisme,” pesannya.

Ia menyatakan Bupati Biak siap diperiksa terkait korupsi. Namun jika hanya menjelekan Biak Numfor dengan opini yang tidak benar, ia tidak menginginkan satupun merong – rong dan merusak nama Biak.

“Mengganggu pemerintahan untuk hal positif, Oke! Tetapi merong – rong, merusak dan mencemarkan nama Biak, saya pasti lawan,” tutupnya.

(JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...