20 Dokter Internship Tuntas Laksanakan Magang di Biak

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – 20 dokter dalam Program Dokter Internship Indonesia (PIDI) angkatan VI Periode 2019 – 2020 tuntas melaksanakan tugasnya di Kabupaten Biak Numfor. Pemda berharap, dapat terus ada guna membantu pelayanan kesehatan dengan baik.

Bupati Biak Numfor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Assisten II Setda Biak Numfor, Ferry Betay, pada acara pelepasan ke 20 dokter internship, Rabu, (12/2/2020) di Halaman RSUD Biak, mengatakan, Program Dokter Internship Indonesia merupakan program nasional, dibawah kendali Kementrian Kesehatan. Program ini sangat membantu untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Muat Lebih

“Sebagai pimpinan daerah, kami berterimakasih kepada 20 dokter internship yang telah mendarmabaktikan kemampuannya untuk melayani serta memberikan layanan terbaik di bidang kesehatan, bagi masyarakat kami yang ada di Kabupaten Biak Numfor, baik di RSUD maupun yang ada di Puskesmas”, kata dia

Pemda Biak mengharapkan, para dokter tersebut dapat melayani dengan setulus hati, sesuai kode etik kedokteran ketika kembali ke tempat asal.

“Kami berpesan, agar para dokter Internship dapat menyelesaikan study dengan baik dan nantinya resmi sebagai dokter yang dapat ditempatkan dimana saja untuk melayani masyarakat,” ujar Betay

Sementara itu, Direktur RSUD Biak dr Ricardo Mayor kepada wartawan di ruang kerjanya menjelaskan, ke 20 dokter internship melaksanakan tugasnya di Biak selama 1 tahun. Mereka adalah angkatan keVI Periode 2019 – 2020.

“Sejak tahun 2014 angkatan pertama hingga sekarang ini sudah ada 97 orang yang kita terima dan melakukan internship di Biak, baik di RSUD maupun di Puskesmas Biak Kota,” kata Mayor

Ia menambahkan para dokter yang baru lulus, yang sudah disumpah wajib melaksanakan internship atau pemagangan. Ini merupakan proses untuk memberikan pengayaan, agar seorang dokter lebih terampil sebelum melakukan pelayanan.

“Di rumah sakit itu, mereka begitu maauk, kita bekali selama kurang lebih satu stengah bulan dengan ketrampilan maupun ilmu – ilmu praktis sebelum kita memberikan pekerjaan untuk menangani pasien secara langsung. Ini mendapat apresiasi dari Komisi Internship Dokter Indonesia di pusat sebagai salah satu program terbaik untuk Program Internship di Indonesia,” tuturnya

Menurut data, dokter internship pada angkatan pertama di Biak berjumlah 5 orang, angkatan kedua 12 orang, ankatan ketiga 18 orang, angkatan keempat 18 orang, kelima 21 orang dan angkatan keenam berjumlah 20 orang dokter.

(JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...