Pemkab Lingga dan BPKP Kepri Sosialisasikan Implementasi SIMDA Integrated

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga, menggelar sosialisasi implementasi sistem informasi manajemen daerah terintegrasi (SIMDA Integrated), di Hotel One, Dabo, Kecamatan Singkep, Kepulauan Riau, Senin (24/02/20).
Berdasarkan amanat undang-undang yang tertuang dalam peraturan pemerintah daerah nomor 12 Tahun 2019 pasal 222 ayat 3, serta tlah ditanda tanganinya MoU atau perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Lingga dan perwakilan BPKP Provinsi Kepri.

Bupati Lingga H. Alias Wello yang disampaikan oleh Asisten II Yusrizal S.H mengatakan kegiatan ini sifatnya wajib, karna untuk menerapkan sistem pemerintah yang berbasis elektronik dibidang pengelolaan keuangan daerah secara terintegrasi, tentu perlu dilakukan pemahaman kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Muat Lebih

“Dengan terintegrasinya antara perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah, melalaui aplikasi SIMDA Integrated ini semoga dapat meningkatkan penilaian kinerja pemerintah daerah,” kata Yusrizal dihadapan peserta dan BPKP Kepri.

Untuk itu, Dia berharap kepada seluruh jajaran perangkat daerah, agar dapat mendukung dan mensukseskan implementasi SIMDA Integrated di Kabupaten Lingga, sehingga dalam mengimplementasikan program perencanaan tersebut bisa lebih profesional lagi.

“Kami dari pemerintah daerah sangat berterima kasih yang tiada terhingga kepada BPKP Kepri, semoga dengan pengentahuan yang sudah disampaikan ini diaplikasikan oleh kami,” ujarnya.

Disisi lainnya, Kepala Badan Pengelolan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lingga, Azet menyebutkan sosialisasi SIMDA ini diikuti oleh beberapa OPD yang sudah menandatangi MoU kemarin.

“Peserta disitu terdiri dari, Bagian Humas dan Kominfo, Pembangunan, BPKAD, BAPELITPANG, Ispektorat, ULP, Sekwan dan beberapa OPD lainnya,” kata Azet.

Sosialisasi ini, merupakan tahapan awal untuk mengapgrade sistem Implementasi SIMDA Integrated, nantinya ada beberapa tahapan lagi yang akan dilakukan BPKP Kepri.

Tidak hanya itu, jelas dia tahapan ini akan berlanjut mulai dari mengunjungi Ibukota Kabupaten Lingga, untuk melihat beberapa infrastruktur yang sudah dimiliki, salah satunya dari Kominfo, untuk memeriksa data fase.

“Tapi itu sudah dihendel oleh Kasubag Humas dan Kominfo kita, informasinya tadi sudah jalan, satu aplikasi seluruh pemda ini data fase nya, Kominfo yang pegang semua,” jelas dia.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Lingga, sudah menggunakan SIMDA mulai dari 2015 lalu, namun karna ada perubahan dari pengelolaan keuangan daerah dari PP 58 menjadi PP 12, tentu hal itu perlu di upgrade.

“Untuk tahun lalu penggunaan SIMDA tidak ada masalah, hanya saja tahun lalu itu implening dan emblejeting belum terkoneksi, sebab kita mempunyai dua aplikasi yang berbeda fendornya, ini sekarang kita coba satu fendor saja, bukan berarti cuning yang lama tidak bagus, tapi kalau untuk koneks kekeuangannya tidak bisa,” Pungkas dia.

(Iwan)


Loading...

Pos terkait

Loading...