Eksekusi Tanah Sempat Ada Aksi Termohon

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kotawaringin Barat – Pelaksanaan eksekusi tanah dan rumah di Jln Gm Arsyad Gg Walut Kelurahan Baru oleh Pengadilan Negeri Pangkalan Bun pada Kamis (27/2/2020).

Pengadilan Negeri Pangkalan Bun melaksanakan eksekusi ini atas permintaan pihak pemohon Hidayat Halim dan termohon H. Masrani.

Bacaan Lainnya

Pada tulisan spanduk dari PN Pangkalan Bun bahwa Telah dieksekusi riil (Pengosongan) oleh Pengadilan Negeri Pangkalan Bun Kelas I B. Tanah dengan ukuran sekitar 44 Meter x 35 Meter yang merupakan bagian dari tanah hak milik no 513 Desa Baru, Surat Ukur tanggal 4 Juni 1986 No 899/86. Berdasarkan Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun I B Nomor : 08/Pen/Eks/Pdt.G/2019/ Pbu Jo Nomor : 268K/Pdt/2018/Jo Nomor : 57/Pdt/2017/PT.PLK Jo. Nomor : 7 /Pdt. G/2017/PN.Pbu, tanggal 4 November 2019.

Dalam hal ini Panitra PN Pangkalan Bun menyampaikan eksekusi ini menindaklanjuti permohonan penggugat. Karena sudah melalui tahapan pertama Pengadilan Negeri terus melalui proses Pengadilan Tinggi dan Kasasi, yang mana Perkara ini telah diputus sehingga memiliki hukum tetap atau inkrah, setelah itu kami melakukan tahapan selanjutnya yaitu, pemberitahuan putusan, dengan limit waktu 14 hari kemudian muncul penetapan dan melakukan peneguran untuk menyerahkan sukarela.

Pada perkara ini pihak termohon tidak menindaklanjuti akhirnya pemohon lagi memohon untuk melaksanakan eksekusi, Kami menindaklanjuti apa yang diinginkan pihak pemohon semua dengan ketentuan Undang Undang katanya.

Saat eksekusi ini terjadi aksi penolakan oleh pihak termohon yang mana meminta kepada pihak pemohon untuk bisa hadir di lokasi dan juga pihak termohon tidak mau keluar dari rumah setelah adanya negosiasi dari pihak keaamanan, eksekusi ini akhirnya bisa di laksanakan.

Untuk pengamanan eksekusi ini pihak Polres Kobar di bantu personil Kodim 1014 Pangkalan Bun. Jumlah personil yang tergabung kurang lebih 175 orang personil.

Kapolres Kobar AKBP E Dharma Ginting mengatakan, “Dalam memberikan keamanan kami melakukan langkah langkah pendekatan dengan penggalangan dan membuka ruang komunikasi kepada masing masing pihak. Sehingga pelaksanaan eksekusi berjalan aman, lancar tertib dan kondusif tidak ada bentrokan fisik juga kami menjamin supaya tidak terjadinya bentrokan fisik ini,” katanya.

(Riduan Hd)


Loading...

Pos terkait

Loading...