Siaga Bencana, Pemkab Kediri Gandeng Berbagai Pihak Akan Peduli Alam

  • Whatsapp

ANALISPUBLIK.COM | Kediri – Kabupaten Kediri akan kepedulian suatu ekosistem alam dan dampaknya melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar kegiatan taman pohon yang diikuti dari berbagai pihak baik dari tingkat pendidikan,Komunitas Pecinta Alam dan dari pihak swasta seperti perusahaan besar PT Gudang Garam Tbk di PDP Margomulyo kawasan sirkuit Gunung Kelud,Kabupaten Kediri, Jumat (28/2).

Kegiatan penghijauan dalam rangka konservasi Daerah tangkapan air yang dilaksanakan kali ini juga bebarengan dengan menyambut Hari Jadi Kabupaten Kediri yang ke-1216 pada tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Hadir pada kegiatan tersebut selain Kepala Dinas Lingkungan Hidup Puthut Agung Subekti,juga hadir pula Bupati Kediri Dr.Haryanti Sutrisno,Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ir.Ady Suwignyo dan dari PT Gudang Garam Tbk yang diwakili oleh Kabag Humas Ihwan Tri Cahyono.

Dijelaskan Oleh Puthut dalam sambutanya”bahwa kegiatan penghijauan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Kediri ke-1216,untuk rencananya penanaman pohon dalam penghijaun saat ini ada sejumlah 892 pohon dari berbagai jenis tanaman,yang akan dialokasikan ditiga tempat yaitu kawasan sirkuit gunung kelud,kawasan sumber mata air dan kawasan batas hutan lindung dengan perkampungan masyarakat”.

“Jenis pohon yang ditanam pada penghijauan tersebut diantaranya pohon nangka, belimbing, cakaranda, juwet, dan pucung,dipilihnya pohon tersebut,karena merupakan pohon yang bisa menyerap air”pungkasnya.

Puthut menambahkan”untuk bantuan pohon yang diberikan oleh pihak PT.Gudang Garam.Tbk sebagian sudah kami distribusikan di wilayah Kecamatan Keras dan Kecamatan Pagu”.

Bupati Kediri Dr.Haryanti juga menyampaikan saat wawancara bersama awak media”kegiatan ini setiap tahun selalu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri,dengan penghijauan harapan supaya sumber air tetap terjaga,selain itu juga berfungsi untuk menahan banjir dan longsor. Bupati berpesan jangan hanya menebang pohon, tetapi juga harus menanam pohon untuk kelangsungan ekosistem alam,apabila masyarakat melakukan penebangan pohon sebisanya dengan mengganti paling tidak berbanding dengan 4 bibit pohon yang sama”.

“Dana APBD yang diglontorkan ke masing-masing desa,sebisanya dimanfaatkan juga untuk kepedulian alam baik itu penghijauan ataupun persiapan bencana alam”tegasnya.

Kabag Humas PT Gudang Garam Tbk Ihwan mengatakan”alhamdulillah kami bisa berpartisipasi dalam program penghijauan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri, untuk berpartisipasi memberikan bantuan bibit pohon buah jambu dan blimbing kurang lebih sekitar 6500 batang”.

“Untuk penanaman sendiri kita serahkan ke pihak Pemerintah Kabupaten Kediri dalam hal ini DLH untuk pendistribusianya yang sesuai dan tepat sasaran yang dianggap perlu baik kawasan pedesaan ataupun lereng gunung,kami intinya selalu berkomitment dan berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan dan alam”.

(pan/kom)


Loading...

Pos terkait

Loading...