Penanganan Konflik Sosial, Kesbangpol Biak Numfor Gelar Sosialisasi

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Terjadinya komplik sosial di masyarakat dapat diminimalisir jika peran dari semua pihak terkait dapat optimal di masyarakat. Salah saatu contoh adalah peran penting dar tokoh masyarakat yang dinilai cukup strategis.

Demikian yang disampaikan Bupati Biak Numfor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Markus O. Masnembra, SH.,MM saat membuka sosialisasi peningkatan kualitas dan penanganan konflik sosial di masyarakat yang digelar Kesbangpol, di wilayah Distrik Samofa, di Aula LLK UKM Biak, Rabu (4/3/2020).

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang berlangsung satu hari ini diikuti oleh 70 orang peserta, yang terdiri dari perwakilan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan yang ada di wilayah Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor.

“Sosialiasi ini sangat penting dalam menyatukan persepsi, sinergitas dan koordinasi dalam menyikapi setiap persoalan yang bisa memungkinkan timbulnya komflik sosial. Dengan sosialisasi ini diharapkan kedepan, dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya konflik di masyarakat berdasarkan perkembangan yangvterjadi sekarang ini,” ujar Sekda.

Sekda menjelaskan, sesuai Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial, maka sebagai warga negara ataupun lembaga – lembaga masyarakat yangbresmi diakui oleh negara mempunyai tanggungjawab yang cukup besar dalam berbagai perannya masing – maaing untuk menjaga stabilitas keamanan negara, mulai dari pusat sampai ke daerah.

“Ini merupakan amanah dari UU yang mewajibkan kita sebagai warga negara harus membantu menjaga stabilitas keamanan. Atas nama kepala daerah memberikan apresiasi atas terselenggaranya sosialisasi penanganan konflik kepada panitia penyelenggara,” jelasnya.

Sekda berharap sosialisasi bukan hanya sekedar formalitas untuk memenuhi amanah dari berbagai aturan, namun soaialisasi penanganan konflik dilakukan karena telah menjadi kebutuhan di masyarakat. Meskipun Biak adalah daerah yang aman di Papua.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Yermias Rumbiak, S. Sos mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk pentingnya saling nerkoordinasi dalam mencegah dan menangani konflik sosial yang terjadi di masyarakat, melalui sinkronisasi, harmonisasi dan integrasi kebijakan dengan berpedoman pada peraturan perundangan penaganan konflik sosial.

“Kami dari Kesbangpol sesuai amanat undang – undang sangat penting untuk melakukan soaialisasi supaya cepat melakukan penanganan konflik sosial masyarakat secara dini yang terpengaruh oleh politik secara nasional maupun secara global,” kata Yermias.

Di sosialisasi ini peserta akan menerima berbagai materi tentang peningkatan kualitas penanganan komplik dibawa oleh sejumlah pemateri. Bebarapa diantaranya dari pemerintah Kabupaten Biak Numfor, dari Kepolisian Resort Biak Numfor dan sejumlah pemateri lainnya.

(JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...