Kesbangpol Jateng Jalin Sinergitas IPJT Dalam Pengawasan Pemilukada

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Semarang – Menjelang pesta demokrasi rakyat Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2020, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah meminta awak media yang tergabung dalam Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) agar berperan aktif ikut dalam pengawasan.

Hal ini disampaikan oleh Yuni Indahsari dari Kesbangpol Kabupaten Semarang yang mewakili Kesbangpol Jateng dalam kegiatan Pembinaan Sosial Politik dengan Sekretariat Bersama (Sekber IPJT). Pemilukada tahun 2020 ini, sebanyak 21 kabupaten/kota akan melaksanakan pesta demokrasi. Salah satunya kabupaten Blora.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dihadiri oleh Muslimah Setiasih, perwakilan dari Kesbangpol Jateng, Ketua Umum Sekber IPJT Dr. H. Endar Susilo, SH, MH, dan Sekjen Sekber Moh. Safik, serta pengurus Sekber IPJT dari perwakilan masing-masing kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Kegiatan dengan narasumber Dr. Bahrul Fawaid, MSc, selaku Dosen Universitas Wahid Hasan, Semarang bertempat di Hotel Amanda Hills, Bandungan, Semarang tersebut, digelar selama dua hari, yakni Rabu – Kamis (04-05/03/2020).

“Agar peran serta bersama teman-teman (IPJT) sebagai kontrol sosial dapat bekerja sama dengan baik untuk mensukseskan Pemilukada 2020 sesuai dengan tugasnya yaitu meliput dan memberitakan hal-hal yang kondusif untuk masyarakat se Provinsi Jawa Tengah,” ucap Yuni.

Yuni menambahkan bahwa tanpa adanya peran aktif dari awak media, pengawasan Pemilukada akan sulit dilaksanakan hingga tingkat bawah (desa).

“Tanpa pengawasan dari teman-teman IPJT atau media, mungkin Bawaslu akan kesulitan dalam mengawasi (Pemilukada) hingga tingkat bawah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Sekber IPJT, Endar Susilo menghimbau kepada seluruh pengurus dan anggota Sekber IPJT se Provinsi Jawa Tengah, agar bersinergi dengan Kesbangpol maupun Forkopimda di masing-masing kabupaten/kota.

“Sistim harus ditata agar kemitraan yang diharapkan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah dapat menciptakan suasana kondusif di berbagai daerah masing-masing se Provinsi Jawa Tengah. Untuk mewujudkan pemilu yang berdasarkan Pancasila, standarisasinya terletak pada penyelenggara pemilu dan diharapkan bisa merangkul media yang ada,” ujar Endar.

(Arifin)


Loading...

Pos terkait

Loading...