Cegah Virus Corona, Bupati Biak Sosialisasi ke Kampung Samau

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S. Si. M. Pd terjun langsung ke lapangan melakukan sosialisasi sekaligus penyemprotan desinfektan dirumah masyarakat di kampung Mansuam, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Jumat (20/3/2020).

Langkah ini dilakukan dalam rangka mencegah dan antisipasi merebaknya wabah virus corona (covid-19) di Biak, dimana Kabupaten Biak Numfor merupakan pintu masuk ke beberapa kabupaten di Papua yakni Kabupaten Supiori, Waropen dan Kabupaten Nabire. Kegiatan ini juga melibatkan unsur TNI dan Polri, Dinas Kesehatan, Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan, Puskesmas serta unsur terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Bupati Biak Numfor mengatakan sosialisasi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa itu Virus Corona atau Covid 19. Apalagi di Biak sudah ada pasien yang dalam pengawasan Covid 19.

“Hari ini dari pemda melalui tim pencegahan Covid 19, telah membentuk 5 tim untuk melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pencegahan Covid 19, tetapi juga memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak panik menghadapi hal ini. Sosialisasi akan dilakukan dalam beberapa tahapan sesuai jadwal yang telah ditetapkan pemerintah. Tim ini juga nantinya akan melakukan sosialisasi hingga benerapa distrik yang ada di kepulauan,” kata bupati.

Sosialisasi selain memberikan pemahaman apa itu Virus Corona, juga menyampaikan langkah – langkah pencegahan yang harus dilakukan. Selain itu juga mendorong tim untuk bergerak cepat menyediakan fasilitas penunjang seperti, alat pelindung diri (APD), vitamin bagi masyarakat.

“Kami juga berupaya untuk tim melakukan penyemprotan desinfektan di rumah – rumah masyarakat, tetapi juga di fasilitas umum tempat berkumpulnya masyarakat,” tuturnya.

Bupati Herry kembali menghimbau masyarakat masyarakat untuk tidak panik, menerapkan pola hidup sehat, konsumsikan makanan yang bergizi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan yang paling penting mempunyai keadaan pshikis yang tenamg.

“Secara psikis harus tenang. Jika kita memiliki ketakutan yang berlebihan, stres akan mengganggu tubuh kita yang berdampak pada penurumam daya tahan tubuh. Untuk itu tetap tenanang, kita harus lawan Virus Corona” tandasnya.

Ia menyampaikan, mulai dari pemerintah pusat, provinsi, hingga daerah telah berkomitmen bersama-sama mengatasi permasalahan penyebaran Virus Covid-19 ini.

(JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...