Dandim Labuhanbatu Terus Melakukan Pencegahan Covid 19

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | LABUHANBATU – Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso terus melakukan berbagai upaya dalam rangka pencegahan covid-19 kepada seluruh personil. Kali ini, pimpinan Kodim ini menginstruksikan dokter umum Poskesdim 0209/LB untuk menjelaskan cara mencuci tangan yang benar kepada personil Kodim 0209/LB. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan apel Makodim, JL Abdul Aziz Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara, Selasa (24/3/2020) pagi.

Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso mengatakan kegiatan ini juga bermanfaat agar personil dapat mengikuti cara cuci tangan dengan standart yang telah ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia Word Health Organization (WHO).

“Ini sangat baik mengingat saat ini juga sedang ramai tentang virus corona. Tujuannya dari kegiatan ini agar terbebas dari kotor tangan, karena kalau biasanya kita asal cuci tangan saja, mungkin ada bagian yang tidak terkena sabun,” jelas Dandim.

Dokter umum Poskesdim 0209/LB dr Ayu Soraya Lubis dan dr Adi Chandra Satria Putra menjelaskan ada 2 tipe dalam mencuci tangan sesuai standart WHO. ” Yaitu cuci tangan pakai Handrub, artinya pakai cairan antiseptic dengan durasi 20 sampai 30 detik. Yang kedua dengan handwash, yaitu dengan menggunakan sabun dan air, durasi mencucinya 40 sampai 60 detik,” sebut dr Ayu.

Menurunya, walaupun sebanyak 5 kali dengan cara handrub, maka harus 1 kali dengan handwash.

Selanjutnya dr dr Ayu Soraya Lubis dan
dr Adi Chandra Satria Putra mempraktekkan beberapa langkah mencuci tangan dihadapan seluruh personil.

(Randi)


Loading...

Pos terkait

Loading...