Ada Toko Modern Di Bayuwangi Kota Jual Minuman Beralkohol Jenis A,B Dan C

  • Whatsapp

LSM REJOWANGI Akan Kirim Surat Permohonan Hearing ke DPRD Setempat

ANALISAPUBLIK.COM | Banyuwangi – Adanya salah satu toko modern (minimarket) di sekitar wilayah pusat kota Banyuwangi yang memiliki ijin sebagai sub distributor minuman beralkohol, mendapat tanggapan dari Ir. Eko Sukartono selaku Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rejowangi.

Menurutnya, pihaknya dalam waktu dekat akan melayangkan surat permohonan hearing ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi.

“Lembaga kami dalam waktu dekat akan mengajukan surat hearing ke Dewan setempat, mengenai adanya ijin yang diperoleh oleh salah satu toko modern tekait minuman beralkohol jenis A,B dan C,” ungkapnya, senin (30/3/2020).

Eko, panggilan akrab Ir. Eko Sukartono, menjelaskan jika timnya mengetahui adanya penjualan minuman beralkohol berbagai merk impor itu berawal dari Sosial Media (Sosmed) Facebook.

“Tim kami melihat di Facebook ada yang jual minuman beralkohol yang berkelas, di wilayah Banyuwangi Kota yang merupakan pusat pemweintahan Kabupaten Banyuwangi, setelah tim kami melakukan investigasi kelapangan, ternyata tempat yang berjualan minuman segala macam merk itu merupakan toko modern.

“Terlihat jelas ijin penjualan minuman beralkohol terpampang di dinding dekat kasir, meliputi surat rekomendasi dari polresta setempat, Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB) Untuk Sub Distributor, dan Surat Izin Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB) Untuk Sub Distributor,” terang aktivis senior GMNI Bumi Blambangan ini.

Sehingga, masih Eko, pihaknya ingin mendapatkan kejelasan mengenai regulasi aturan mengenai ijin minuman beralkohol jenis A,B, dan C, kepada pihak-pihak terkait, karena terlihat ganjal saat toko modern diberi ijin menjadi sub distributor segala jenis tingkatan minukan beralkohol.

“Kami ingin dengar pendapat dengan semua pihak terkait, sehingga menjadi jelas apakah regulasi aturannya memperbolehkan toko modern sebagai tempat sub distributor minuman beralkohol segala jenis tingkatan atau tidak memperbolehkan, serta apakah diperbolehkan pemegang ijin sub distributor melakukan penjualan secara eceran,” pungkas lelaki yang juga dikenal pernah menjadi mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi Periode 2004-2009 itu.

Sementara itu, baik pemilik toko modern yang memiliki ijin sub distributor minuman beralkohol segala jenis tingkatan, serta pihak-pihak terkait yang memberikan ijin, masih belum dapat dikonfirmasi. (Bud)


Loading...

Pos terkait

Loading...