5 Rumah Sakit Rujukan Tak Bisa Tampung Penderita Covid -19

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo – Ada 5 Rumah Sakit yang ada di sidoarjo menjadi rujukan pemerintah kabupaten untuk bisa menampung penderita Covid -19, tetapi dengan bertambahnya jumlah pasien penderita virus tersebut, kelima rumah sakit tak bisa menampung para pasien.

Ke lima rumah sakit tersebut diantaranya RSUD Sidoarjo, RS. Siti Hajar, RS. Mitra Keluarga, RS. Khadijah dan RS. Anwar Medika. Sedangkan bertambahnya jumlah pasien yakni Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 52 orang, Orang Dalam Pantauan (ODP) 178 orang dan yang positif 10 orang.

dr. Syaf Satriawarman mengatakan rata-rata tiap rumah sakit rujukan hanya mampu menampung enam pasien. Selebihnya dilakukan isolasi mandiri bagi pasien PDP dengan kondisi kesehatan yang masih baik, sedangkan pasien PDP yang kondisinya rentan akan dirawat di rumah sakit rujukan. Termasuk 10 pasien yang positif saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit rujukan,’ katanya saat mendampingi Wabup Sidoarjo di lokasi Puskesmas Sidodadi Kecamatan Candi, Selasa (31/3).

Pihak pemerintah daerah kabupaten Sidoarjo saat ini sedang mengupayakan tempat perawatan alternatif untuk penanganan pasien PDP yang jumlah sudah mencapai puluhan.

Ada tiga tempat yang sedang dalam pengecekan, pertama puskesmas Sidodadi kecamatan Candi. Puskesmas ini kondisinya masih baru selesai dibangun dan belum dipergunakan sama sekali. Dengan kapasitas 30 kamar yang tersedia.

Namun dari pantauan langsun dilokasi, masih banyak kekurangan yang harus dipenuhi. Diantaranya belum adanya tempat pembuangan limbah maupun tempat pemandian jenazah. Selain itu, karena lokasinya yang dekat dengan rumah pemukiman penduduk, banyak warga sekitar puskesmas yang keberatan jika pemkab berencana menjadikan tempat perawatan bagi pasien PDP covid-19.

Alternative kedua adalah gedung mal pelayanan publik, di lokasi ini juga dinilai jauh dari standar kelayakan untuk penanganan pasien covid-19. Gedung mal pelayanan publik tidak memiliki banyak ruangan fasilitas untuk istirhat pasien,’ tutupnya. (HERI)


Loading...

Pos terkait

Loading...