Adanya Toko Modern Yang Memiliki Penjualan Minol Jenis A, B Dan C, Ketua DPRD Banyuwangi Angkat Bicara

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Banyuwangi – Adanya salah satu toko modern (minimarket) di sekitar pusat perkotaan Kabupaten Banyuwangi yang menjual minuman beralkohol (minol) jenis A, B dan C mendapat tanggapan dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi.

Menurut I Made Cahyana Negara, SE selaku Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pengecekan kelapangan.

“Informasi yang kami dapat toko modern tersebut kan sudah memiliki surat rekomendasi dari kepolisian setempat, Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB) Untuk Sub Distributor, dan Surat Izin Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB) Untuk Sub Distributor.

“Sehingga kami akan mengkroscek kepada semua pihak yang terkait apakah pada saat proses pengurusan izin tersebut sudah sesuai aturan,” ungkapnya, selasa (31/3/2020).

Made panggilan akrab I Made Cahyana Negara, SE, menjelaskan mengenai aturan minol, Kabupaten Banyuwangi telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) yang mengaturnya.

“Tahun ini sudah ada Perda Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Perda Kabupetan Banyuwangi Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pengawasan, Pengendalian, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol.

“Jika izin yang dipegang toko modern tersebut dikeluarkan pada tahun 2019, maka dasar yang dipakai masih menggunakan Perda Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pengawasan, Pengendalian, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol.

“Dan kami akan mengkroscek kepada pihak-pihak yang berwenang, apakah dalam proses ijin sebagai sub distributor minol jenis A, B dan C tersebut sudah sesuai Perda yang ada,” tegas pria yang juga selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi.

Diberitakan sebelumnya, LSM REJOWANGI akan mengajukan permohonan Hearing ke DPRD setempat terkait izin sebagai sub distributor minol jenis A, B dan C yang dimiliki oleh salah satu toko modern di Banyuwangi kota.

Hal itu lantaran Ir. Eko Sukartono selaku ketua LSM REJOWANGI ingin dengar pendapat kepada semua pihak terkait proses izin yang telah dikeluarkan pada tahun 2019 itu, apakah sudah sesuai aturan yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Sayangnya, hingga berita ini terbitkan, pemilik toko modern yang memiliki ijin sub distributor minuman beralkohol segala jenis tingkatan, serta pihak-pihak terkait yang memberikan ijin, masih belum dapat dikonfirmasi. (Bud)


Loading...

Pos terkait

Loading...