Lapas Kelas IIA Palangka Raya Asimilasi Warga Binaan

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Palangka Raya – Sebagai tindak lanjut langkah dari pelaksanaan Permenkumham nomor 10 Tahun 2020 terkait tentang syarat pemberian asimilasi dan hak integrasi bagi narapidana dan anak guna pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Palangka Raya sudah melakukan proses asimilasi dan pembebasan bersyarat narapidana.

Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas II A Palangka Raya, Mohammad Irvan Muayat mengatakan, sudah ada 40 orang warga binaan penghuni Lapas yang mendapatkan proses pembebasan bersyarat tersebut.

Bacaan Lainnya

“Program asimilasi bagi tindak pidana umum sesuai Permenkumham nomor 20 tahun 2020 telah dilaksanakan mulai tanggal 1 April 2020,” ungkapnya pada Kamis (2/4/2020).

Kasi Binadik menjelaskan bahwa pada tanggal 1 April 2020, pihaknya telah memberikan Pembebasan Bersyarat (PB) kepada 16 orang Narapidana dan disusul 28 orang lagi yang sudah dan sedang di usulkan untuk mendapatkan Pembebasan Bersyarat dan Cuti Bersyarat juga.

Irvan juga menjelaskan bahwa syarat dan kriteria bagi warga binaan untuk mendapatkan Pembebasan Bersyarat sesuai Permenkumham nomor 10 tahun 2020 tersebut adalah warga binaan yang sudah menjalani ½ masa pidana nya dengan ketentuan 2/3 dari masa pidana tersebut berakhir di 31 Desember 2020.

Selain itu warga binaan tersebut wajib memiliki penjamin keluarga sebagai pihak pinjamin tetap.

Hal tersebut juga tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan No.: PAS-497.PK.01.04.04 Tahun 2020 terkait hal yang sama.

Adapun langkah pemerintah untuk memberikan Pembebasan Bersyarat ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menekan kemungkinan penyebaran virus corona di dalam sel tahanan sehingga dianggap perlu untu mengurangi jumlah warga binaan yang berada di dalam Lapas kelas II A Palangka Raya.

“Untuk saat ini diketahui jumlah warga binaan yang berada di dalam Lapas Palangka Raya di perkirakan mencapai 750 orang,” tutupnya.

(Sugian)


Loading...

Pos terkait

Loading...