Tingkatkan Kualitas Babinsa, Kodim Blora Gelar Binsiap Apwil dan Puanter

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Guna meningkatkan kesiapan Prajurit dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0721/Blora menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) triwulan II tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam kesempatan ini Kasiter Korem 073/Makutarama Letkol Inf Drs. Arif Isnawan sebagai Katim Wasev di Aula Makodim Jl. Pemuda No.44, Kabupaten Blora, Selasa (09/06/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, terhitung mulai (09-11/06) yang diikuti oleh para Danramil dan Babinsa (Bintara Pembina Desa) jajaran Kodim 0721/Blora sebanyak 100 orang. Para peserta dibagi menjadi tiga, hari pertama dan kedua 35 orang, hari ke tiga 30 orang.

Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, SE, melalui Pasiter Kapten Inf. Puryanto mengatakan bahwa kegiatan Binsiap Apkowil dan Puanter dilaksanakan bertujuan membentuk sikap insan teritorial yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam sikap teritorial, yang benar dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas sebagai aparat Komando Kewilayahan.

“Kegiatan ini juga untuk lebih memberikan pemahaman tentang bagaimana Aparat Teritorial khususnya Babinsa, selaku ujung tombak satuan dalam mengumpulkan data teritorial, analisa kejadian, penyusunan rencana kegiatan Binter, membuat laporan kegiatan Binter di lapangan,” katanya.

Pasiter menghimbau setiap Danramil dan Babinsa, agar selalu menjalin kerjasama yang baik. Dengan aparat pemerintah di wilayah binaannya masing-masing, mulai dari tingkat desa hingga tingkat Kecamatan.

Adapun materi yang akan diterima peserta kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter tersebut, adalah 5 Kemampuan teritorial, sikap teritorial, tiga metode binter, Kondisi alam di wilayah binaan serta materi adat istiadat dan budaya masyarakat di wilayah binaan.

Kasiter Korem 073/Makutarama Letkol Inf Drs. Arif Isnawan mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan setiap triwulan ini agar para Babinsa jajaran Korem 073/Makutarama lebih memahami dan mahir melaksanakan tugas di wilayah binaan.

“Sehingga, para Babinsa memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah,” ujarnya.

Kasiter berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan setiap triwulan ini mampu untuk meningkatkan kemampuan prajurit kewilayahan secara kuantitas. Sehingga mampu berinteraksi yang baik dengan masyarakat di wilayah binaanya.

“Dilaksanakannya kegiatan ini juga untuk mewujudkan mental dan disiplin, serta semangat aparat kewilayahan yang tangguh dan profesional,” pungkasnya.
(Arifin/PndBla)


Loading...

Pos terkait

Loading...