Beraksi di Kapuas, Wanita Asal Kumai Diamankan

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kapuas – Tim gabungan dari Resmob Polres Kapuas, Unit Reskrim Polsek Kapuas Murung dan di backup Resmob Polda Kalteng menangkap pelaku penipuan di sebuah barak di Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Selasa, (9/6/2020) siang kemarin.

Kapolsek Kapuas Murung Iptu Jimin mengungkapkan, pelaku berinisial WA (46) warga yang beralamat di Desa Pangkalan Satu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, lanjut Kapolsek, kejadian kasus penipuan itu terjadi di Desa Menteng Karya RT 12, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.

“Pelaku diamankan setelah kami menerima laporan dari pelapor atas nama Fifin (36) warga Desa Menteng Karya yang merasa dirugikan oleh pelaku hingga ratusan juta,” ungkap Kapolsek Kapuas pada Rabu (10/6/2020).

Kapolsek menjelaskan, kronologis kejadian bermula pada hari Kamis 4 Juni 2020 sekira pukul 10.00 WIB, setelah akan ditagih semua bon barang dagangan milik korban mulai bulan Januari 2020 hingga bulan Juni 2020 ternyata pelaku sudah tidak ada lagi di rumahnya.

“Modus operandinya, pelaku telah melakukan penipuan dengan cara mengambil atau membeli barang jualan korban dengan janji akan membayar setiap bulannya. Akan tetapi, mulai bulan Januari 2020 hingga bulan Juni 2020 pelaku tidak ada melakukan pembayaran terhadap korban,” jelasnya.

Kapolsek kembali membeberkan, pelaku pada saat didatangi korban sudah tidak ada di rumahnya. Akibat kejadian itu korban mengalami kerugian sebesar Rp.328.828.000, dan selanjutnya korban datang ke Mapolsek Kapuas Murung melaporkan kejadian tersebut guna proses lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang diamankan dari uang hasil penipuan tersebut berupa 4 buah cincin, 1 buah kalung dengan berat 10 gram, 1 pasang anting, 1 buah gelang 10 gram, uang sebesar Rp 19.900.000, 2 buah tas,1 buku, 2 buah KTP identitas diri.

Kemudian, tambah Kapolsek, 1 STNK motor Aerox, 1 BPKB ,1 buah sepeda motor Aerox, 3 Handphone, 1 buku tabungan mandiri,1 buah kulkas, 2 buah speaker, 1 buah jam tangan warna emas, 3 buah helm, 1 buah mesin cuci, 1 lemari baju kaca, 1 buah kasur merk procella, dan 1 buah DVD.

“Pelaku sudah kita amankan guna proses lebih lanjut, terhadapnya kita bidik dengan pasal 378 KUHPidana,” tegas Kapolsek.

(Sugian)


Loading...

Pos terkait

Loading...