Pantau PPDB, Polres Blora Tegaskan Penerapan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Untuk antisipasi penyebaran covid-19 pada masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di wilayahnya, Polres Blora Polda Jawa Tengah berdayakan anggota terutama Bhabinkamtibmas untuk melakukan patroli dan pantauan di sekolah-sekolah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, SIK, saat memimpin apel pagi di halaman belakang Polres Blora pada Rabu,(10/06/2020).

Bacaan Lainnya

Kapolres mengungkapkan bahwa pada musim PPDB, dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan massa. Untuk itulah, pihaknya perintahkan jajaranya untuk melaksanakan patroli sambil menggelar sosialisasi new normal dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kegiatan yang harus berjalan, harus tetap berjalan, namun demikian harus memperhatikan protokol kesehatan,” ucap Kapolres.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Sonorejo Polsek Blora Bripka Achmad Nur Kholik, Rabu, (10/06/2020) melaksanakan Patroli dialogis untuk memastikan pelaksanaan PPDB di SMK Muhammadiyah Blora terselenggara dengan aman dan kondusif serta sesuai protokol kesehatan mengingat dalam situasi pandemi Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas menyampaikan imbauan Kamtibmas serta menekankan kepada pihak panitia agar selama kegiatan betul-betul memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hal ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan PPDB terselenggara dengan aman dan kondusif serta sesuai protokol kesehatan mengingat situasi tengah pandemi Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan yakni menggunakan masker apabila keluar rumah, selalu mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak di setiap kerumunan, menjaga kebersihan serta mengatur pola hidup bersih dan sehat.

Kapolres menambahkan bahwa saat ini dunia pendidikan menghadapi agenda kegiatan PPDB dan wabah Covid-19 masih menjadi ancaman.

“Sehingga proses PPDB tentu tak bisa dilakukan seperti biasanya,” pungkas Kapolres.

Sementara itu, Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Blora, Sujianto, SE, menjelaskan bahwa beberapa kebijakan tentang penyelenggaraan kependidikan selama pandemik Covid-19.

“Berdasarkan SE Kadisdik no.420/1250 tanggal 20 April 2020 yang diantaranya mengatur tentang kegiatan belajar mengajar secara daring dan mandiri di rumah, jarak jauh, dengan memanfaatkan media yang kreatif, pembelajaran menyenangkan dan tidak memberatkan peserta didik,” ucapnya, Minggu (07/06).

Selama melaksanakan pendidikan di tengah pandemik ini, Guru atau pendidik diminta untuk melakukan pendampingan siswa dengan sistem pembelajaran jarak jauh memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi.

“Hingga saat ini belum ada kepastian kapan pelajar akan masuk sekolah, sehingga guru diminta untuk tetap kreatif melaksanakan pembelajaran online, jangan sampai memberatkan anak didik dan tidak membosankan,” tandas Sujianto.
(Arifin)


Loading...

Pos terkait

Loading...