DPRD Kendal Gelar Sidang Paripurna Tentang Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban APBD 2019

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kendal – DPRD Kabupaten Kendal menggelar sidang paripurna dalam rapat paripurna DPRD Kendal dengan agenda penyampaian nota keuangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2019 di ruang rapat paripurna DPRD Kendal, Kamis (11/06/2020).

Sidang paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, didampingi Wakil Ketua Ainurrahman serta dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur, dan Forkopimda.

Bupati Kendal, Mirna Annisa, lewat wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur menyampaikan, penyampaian pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kendal, yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan terlambat enam bulan setelah tahun anggaran berakhir, maka perlu disampaikan bahwa laporan keuangan angaran APBD telah dilakukan pemeriksaan oleh BPK Indonesia dalam dua tahap.

” Pemeriksaan dimulai dari tanggal 18 Febuari 2020 hingga berakhir samapai 13 Maret 2020,” katanya.

Ia melanjutkan, berdasarkan anggaran dan realisasi APBD Kendal TA 2019, terdapat Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILTAP) sebesar Rp 97.6 miliar, jika dibandingkan SILTAP APBD Tahun sebelumnya mengalami penurunan sebesar 54.03 persen.

” Karna kondisi Pandemi Covid-19 ini, pemeriksaan dilakukan dengan metode wawancara komfirmasi dan pengecekan data-data,” pungkasnya.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, persetujuan bersama atas pertanggungjawaban pelaksanaan APBD paling lama disampaikan 1 bulan sejak laporan diterima oleh DPRD.

“Idealnya serapan untuk belanja modal porsinya lebih besar dari belanja rutin. Belanja rutin itu contohnya untuk keperluan rapat-rapat, upah pegawai. Belanja modal contohnya untuk pembangunan sarana dan fasilitas publik. Karena itu, jika belanja modal lebih rendah rendah maka berpotensi menimbulkan kerugian publik,” katanya.


Loading...

Pos terkait

Loading...