Kodim Pati Gelar Rakor Persiapan TMMD Sengkuyung Tahap II

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Pati – Untuk mempersiapkan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada tahap II Tahun Anggaran 2020, Kodim 0718/Pati bersama instansi terkait pagi tadi melaksanakan rapat koordinasi (Rakor).

Bacaan Lainnya

Rakor ini dipimpin oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0718/Pati Mayor Inf Much Sholihin, S.Ag, M.Si, di aula Suluh Bhakti. Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Pati Sudiyono, Kepala BAPPEDA Pati diwakili Kabid PPM Abdul Aniq, Instansi terkait, Muspika Trangkil, Muspika Gunungwungkal, serta panitia TMMD desa Asempapan, Trangkil dan desa Gulangpongge, Gunungwungkal pada Kamis, (11/06/2020).

Kasdim 0718/Pati mengatakan bahwa TMMD Sengkuyung Tahap II tahun anggaran 2020 ini, rencana akan dibuka pada tanggal 30 juni di desa Asempapan kecamatan Trangkil dan rencana ditutup pada tanggal 29 juli 2020 di desa Gulangpongge kecamatan Gunungwungkal.

“Pada program TMMD Sengkuyung Tahap I yang lalu, kegiatan sasaran fisik berjalan sesuai rencana. Namun, kegiatan non fisik yang sudah direncanakan sebelumnya tidak dapat dilaksanakan, karena kondisi yang tidak memungkinkan dengan adanya pandemi covid-19,” Kata Kasdim saat membuka rakor.

Kasdim menjelaskan bahwa kegiatan TMMD sengkuyung ini tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya, hanya sasaran pokok saja.

“Saya minta maaf kepada Kades Gulangpongge dan Kades Asempapan, karena kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II ini tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya dan hanya yang pokok-pokok saja. Kegiatan fisik pembangunan infrastruktur tetap berjalan, namun kegiatan yang bersifat non fisik akan dilaksanakan sebagian saja,” jelasnya.

Kasdim berharap dengan kondisi yang semacam ini, TMMD tetap bisa dilaksanakan sesuai dengan rencana dan berharap tahun 2021 mendatang bisa mendapatkan giliran program TMMD Reguler dalam kondisi sudah membaik, sehingga kegiatan bisa maksimal.

“Terimakasih kepada para undangan atas kehadiran serta partisipasinya, mari kita bersama-sama bersinergi melalui program TMMD ini sesuai dengan fungsinya masing-masing yang bertujuan untuk menuju masyarakat yang sejahtera adil dan makmur,” pungkasnya.

Sementara itu, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0718/Pati Kapten Inf Kusmiyanto memaparkan TMMD Sengkuyung Tahap II Ta. 2020.

“Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Ta.2020 rencana akan digelar di dua desa yakni desa Asempapan kecamatan Trangkil dengan sasaran pokok pengerasan jalan (Betonisasi) dengan ukuran : 800 X 3 X 0,12 serta sasaran tambahan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 2 unit, dan di desa Gulangpongge kecamatan Gunungwungkal dengan sasaran pokok pengerasan jalan (Betonisasi) dengan ukuran pokok 1.100 X 2,5 X 0,13,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BAPPEDA Pati melalui Kabid PPM Abdul Aniq mengatakan rencana umum kedepan dalam Program TMMD sengkuyung tahun 2021.

“Di Kantor Bappeda sudah masuk 5 desa, masih ada waktu yang cukup dan pelaksanaan TMMD tahun 2021 nanti. Diharapkan kedepan ada peningkatan anggaran serta volume dasar bisa lebih banyak lagi,” kata Aniq.
(Arifin/PndPati)


Loading...

Pos terkait

Loading...