Gencar penyadaran Disiplin Pakai Masker pada Masyarakat, Menghindari Penularan Covid-19

  • Whatsapp

Analisapublik.com, Lamongan – Pemerintah menekankan pentingnya seluruh masyarakat memakai masker selama masa pandemi virus Corona Covid-19.

Pemerintah menyebut, apabila semua warga disiplin memakai masker, maka angka penularan Corona Covid-19 dapat turun hingga 1 persen.

“Apabila semua menggunakan masker baik yang sakit maupun yang sehat maka penularannya itu bisa drastis turun sampai dengan 1 persen,” ujar
drg.POEJI HARIYANI,Jum’at (12/6/2020).

Menurut dia, orang tanpa gejala (OTG) sangat rentan menularkan virus Corona apabila tidak memakai masker dan berada di lingkungan masyarakat.

“Bahkan, satu orang tanpa gejala berpeluang menularkan virus Corona Covid-19 hingga 70 persen,” Ucap drg.POEJI HARIYANI .

Namun, lanjut dia, apabila OTG tersebut menggunakan masker, maka penularannya bisa turun mencapai 5 persen. Sebab, droplet atau percikan ludah tertahan oleh masker yang dipakainya.

“Sehingga tidak hanya menyerang langsung ke orang lain, tidak mencemari benda-benda di sekitarnya,” kata

Untuk itu, pemerintah meminta agar masyarakat disiplin menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus Corona semakin meluas. Dengan begitu, angka penambahan Corona dapat menurun setiap harinya.

“Kalau angka itu menurun artinya kita telah berhasil bersama-sama untuk mengurangi bukan untuk meniadakan penyakitnya, mengurangi jumlah orang yang terinfeksi yang baru,” tuturnya.

“Namun kau langkanya meningkat, artinya kita telah membiarkan proses penularan ini terjadi lagi di tengah-tengah masyarakat,” jelas drg.POEJI HARIYANI.

Hari Ke III giat razia gabungan  pengguna jalan yang tidak memakai masker di jalan raya jurusan karanggeneng – sukodadi tepatnya di depan Balaidesa sungelebak, kec. karanggeneng.

Hadir dalam giat oprasi gabungan(Opsgab) antara lain

1. AKP Sunaryono (Kapolsek Karanggeneng)
2. LETTU INF. Sobar Atnanto (Danramil Karanggeneng)
3. Bakti Aprianto, S.H., M.M. ( Camat Karanggeneng )
4. IPTU Raksan, S.H (Kanit Sabhara Polsek Karanggeneng )
5. IPDA Sofian Ali, S.H (Kanit Reskrim Polsek Karanggeneng)
6. drg. Poeji Hariyani (Ka UPT Puskesmas Karanggeneng)
7. Bripka M. Fahrizal U. ( Kanit IK Polsek Karanggeneng )
8. 2 (Dua) Personil Koramil Karanggeneng
9. 7 (tujuh) Personil Polsek Karanggeneng
10. 5 (lima) pegawai puskesmas Karanggeneng
11. 2 (Dua) personil Satpol PP Karanggeneng

Petugas gabungan yang melasanakan razia kepada masyarakat pengguna jalan yang tidak memakai masker dengan melakukan pengecekan suhu tubuh, pembinaan dan pembagian masker kepada masyarakat pemakai jalan yg tidak memakai masker guna mencegah penyebaran Covid 19, di dua hari yang lalau masyarakat yang tidak memakai masker sudah dihimbau agar sadar akan pentingnya Kesehatan tanpa kesadaran dan peran pentingnya masyarakat pemerintah tidak akan mampu walau sudah berulang kali aparat Gabungan bersosialisasi(Nur)


Loading...

Pos terkait

Loading...