Bacabup Kendal WSB Bantu Warga Terdampak Banjir

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kendal – Tidak hanya berikan bantuan sembako ke warga Bandengan yang terdampak rob. Namun Bakal Calon (Balon) Bupati Kendal, H Windu Suko Basuki juga berikan solusi terkait rob di Kelurahan Bandengan Kecamatan Kota Kendal Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Kondisi rob di Kelurahan Bandengan saat ini sangat memprihatinkan, terlebih dalam kondisi Pandemi Covid- 19. Hampir Satu Bulan, kelurahan Bandengan di rendam air rob yang tak kunjung reda. Dengan hadirnya H Windu Suko Basuki ditengah-tengah masyarakat Kendal, terutama yang ter dampak rob, rob bisa teratasi.

Balon Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, menyampaikan bahwa rob yang terjadi di Kelurahan Bandengan sebenarnya bisa diatasi dengan melibatkan dari berbagai sektor. Namun kalau tidak ada peran dari Pemerintah dan masyarakat, tidak akan pernah usai.

“ Saya melihat kondisi rob saat ini yang terjadi di Kelurahan Bandengan sangat memprihatinkan. sebenarnya ada solusi untuk itu. Jika ada kemauan dan peran serta Pemerintah dan masyarakat saya yakin rob bisa di atasi,” kata Basuki saat mengunjungi warga Bandengan yang terdampak rob, Selasa (16/06/2020).

Menurut Basuki, rob yang terjadi di Bandengan itu bisa diatasi dengan berbagai cara. Diantaranya di setiap gang diberi saluran air (slok) atau drainase yang bisa dibuka tutup. Dan Ketika air rob naik slok bisa di tutup, dan ketika surut slot dibuka kembali.

“ Dengan dibuatkan talut (Cincin pantai) atau tanggul di sepanjang tepi pantai juga bisa, atau dibuatkan embun atau waduk yang bisa menampung air di beberapa titik. Itukan salah satu solusi untuk mengatasi rob. Kalau mengingat anggaran ya? kita bisa mengajukan ke Pemerintah Pusat,” paparnya.

Ia melanjutkan, semua serba mungkin, ngak ada yang ngak mungkin. Malah kalau pintar mengolah atau mengatasi rob tersebut dengan membuatkan embun atau waduk yang bisa menampung air dengan desan yang menarik pasti akan banyak yang suka, dan tidak menutup kemungkinan menjadi tempat wisata.

“ Air laut lebih tinggi dari daratan itu bukan patokan akan terjadi rob. Kita bisa melihat di negara belanda, dibelanda ada satu tempat yang daerah itu lebih tinggi airnya dibanding daratan. Namun tidak terjadi rob,” paparnya.

Dikatakan, jika nanti dirinya menjadi Bupati Kendal, ia akan menfokuskan masalah rob yang ada di Bandengan.

Salah satu tokoh Masyarakat Bandengan, Kamaludin, mengatakan bahwa, memang akhir-akhir tahun ini kondisi warga Bandengan sangat memprihatinkan sekali, dengan datangnya rob yang masuk di pemukiman warga membuat perputaran ekonomi di Bandengan menjadi terganggu.

“ Saya berharap rob di Bandengan ini bisa teratasi, dan pemerintah segera menormalisasi sungai Kendal, meningkatkan pembangunan dan meninggikan jalan dengan anggaran APBD dan APBN,” harapnya.

Hal senada disampaikan juga oleh Ketua Tim Relawan Pemenangan H Windu Suko Basuki, Ahmad Subakir, ia menyampaikan, rob ini merupakan salah satu programnya nanti.

“ Kita juga sudah memikirkan bagaimana caranya untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di Kendal, dan memberikan solusi, termasuk rob yang terjadi di Bandengan,” pungkasnya.


Loading...

Pos terkait

Loading...