Dulu Orangtuanya Tak Mampu Menyekolahkan, Kini Hendriyanto Sitorus Menjabat Anggota DPRD Labura 2 Periode

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM I Labura
Hendriyanto Sitorus SE, mungkin nama tersebut tidak asing lagi didengar, khususnya di Kabupaten Labuhanbatu Utara, pria yang sering disapa Hys ini adalah sosok tokoh pemuda energik yang juga anggota DPRD Labura 2 periode. Tetapi siapa sangka, dibalik kesuksesannya tersebut Hys mempunyai kisah perjalanan yang pahit.

Hendriyanto Sitorus merupakan putra asli Aek Kota Batu, tepatnya di Lingkungan Aek Tampang, kelahiran 13 Desember 1988. Semasa kecil, Hys tidak seperti teman-teman lainnya, karena dia hidup bersama orang tuanya dengan kondisi serba kekurangan.

Ayahnya (H. Kharuddinsyah Sitorus) dulunya sehari-hari hanya bekerja sebagai tukang ojek atau yang disebut RBT pada saat itu, dengan route perjalanannya dari Simpang Panigoran ke Aek Korsik, hingga ke Torganda.

Selain itu, ibunya (Hj Ely Zarwati) harus berusaha membantu kebutuhan keluarga dengan cara berjualan minyak tanah, dan bensin di pinggiran jalan. Bahkan, hingga jambu kelutuk hasil tanaman disekitar rumahnya juga turut dijual.

Begitu juga diwaktu ayahnya tidak menarik ojek, Hys turut diajak sang ayah untuk berkeliling berjualan minyak tersebut ke pelosok-pelosok Desa. Hal ini dilakukan agar tetap kebutuhan sehari-hari tercukupi.

Hys bersama ayah, ibu serta adiknya pada acara sunat rasul dan khatam Al-Qur’an di tahun 2000.

Kondisi ini masih terus berlarut-larut. Sulitnya kebutuhan keuangan di keluarganya membuat orang tua Hys tidak sanggup untuk menyekolahkan dirinya. Kondisi itupun sampai ke telinga sang kakek (Alm. H Abidin) yang beralamat di Rantauprapat. Maka, Hys diajak untuk tinggal bersamanya. Seiring waktu berjalan, Hys pun di sekolahkan oleh kakeknya ke SD Swasta Panglima Polem Rantauprapat.

Tak berlangsung lama, saat dirinya masih duduk di bangku kelas 2 SD, ekonomi kedua orangtuanya mulai bangkit dari kondisi sebelumnya. Tetapi, Hys masih tetap bersekolah dan tinggal bersama sang kakek pada saat itu.

Melihat ekonomi keluarga terus membaik, tamat SD, lalu Hys disekolahkan oleh orang tuanya ke SMP AL-Azhar kota Medan. Setelah tamat SMP, Hys kembali melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 2 Medan.

Tamat SMA, Hys kembali melanjutkan pendidikan di STIE Graha Kirana Medan dan berhasil meraih gelar S1 pada tahun 2010.

Meskipun perekonomian orangtuanya terus maju, Semasa sekolah hingga duduk dibangku kuliah, Hys tidak dimanja begitu saja. Bahkan, untuk meminta uang jajan dari orang tuanya sangat sulit sekali, sepeserpun tidak pernah diberikan. Tetapi, orang tuanya selalu mendidik dengan tegas jika menginginkan sesuatu harus berusaha.

Hys saat dilantik sebagai Bendahara Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara di Medan.

Maka pada saat menjalani pendidikan SMA, Hys diberikan modal oleh sang ayah untuk mempunyai usaha agar keperluan sekolah hingga uang jajannya diperoleh sendiri. Menerima perlakuan itu, Hys mencoba dengan berjualan pulsa Mkios waktu itu.

Menjalankan pendidikan dengan diberlakukannya kebijakan itu tentunya tidak mudah bagi Hys, kesedihan sering menghampiri waktu sehari-harinya. Menurutnya, orang tuanya telah mampu memberikan uang karena telah memiliki usaha menjadi toke sawit dan memiliki RAM bernama HES semenjak ekonomi sang ayah bangkit dari sebelumnya, tetapi didikan yang manja tidak pernah dirasakannya.

Situasi seperti itu terus berlanjut. Hingga setelah menyelesaikan pendidikannya, Hys kembali ke Labura yang pada saat itu tahun politik dan ayahnya mencoba menjadi salah satu kontestan dengan mencalon sebagai Bupati Labuhanbatu Utara.
Nasib baik terus tertuju pada keluarganya, sang ayah pun akhirnya terpilih sebagai Bupati Labura yang pertama kalinya sejak pemekaran.

Hys bersama istri dr. Ramadhona Sihotang setelah beberapa tahun menikah.

Usia semakin dewasa, Hys pun bertemu dengan pujaan hatinya yang bernama dr. Ramadhona Sihotang pada 25 Mei 2011.
Dalam perjalanan cintanya, dr. Ramadhona Sihotang malah lebih sering menemani ibunda Hys berobat kemanapun karena kondisi sakit sejak 6 bulan ayahnya dilantik sebagai Bupati Labura.

Satu tahun menjalani hubungan asmara, Hys memutuskan untuk hidup bersama, tepatnya pada 19 Oktober 2012 Hys bersama sang pujaan hatinya melangsungkan pernikahan, hingga saat ini telah dikaruniai 3 orang anak, 2 pria dan 1 wanita.

Hys bersama istri dan ketiga anaknya di acara ulangtahun anak kedua (Elsyahqyra Callista) ke 5 tahun.

Setelah itu sang ayah berpesan kepada Hys agar melanjutkan usaha yang selama ini telah dibangun. Ini tentunya menjadi tantangan baru bagi Hys.

Kemandirian Hys semasa sekolah membuat dirinya mempunyai bekal dalam menjalankan usaha. Saat dikendalikan Hys, usaha tersebut juga turut berhasil dan semakin membesar, hingga dari usaha warisan orang tuanya ini Hys mempunyai beberapa asset. Hal itulah yang menyadarkan Hys tentang ajaran yang telah diterapkan orang tua bagaimana mencari uang dengan tidak dimanja, melainkan dengan berusaha.

Waktu terus berjalan, pada tahun 2013 Hys mendapat tawaran partai politik pertamanya oleh partai Hanura sebagai wakil ketua. Setahun berjalan,Hys memutuskan untuk hengkang dari partai tersebut.

Kemudian, Hys mencoba kembali bergabung ke partai Golkar ditahun 2014 yang saat itu akan dilakukannya pemilihan anggota calon legistatif. Hys mencoba hal baru, dirinya ikut berkompetisi dengan mendaftar untuk dapil Kecamatan Marbau-Aek Kuo.

Hys terjun langsung bersama tim saat ingin melakukan bedah rumah masyarakat tahap IV di Desa Sei Sentang Kualuh Hilir pada tahun 2017 lalu.

Pesta demokrasi berjalan, tak disangka, Hys berhasil memperoleh suara 4.700an hingga membuatnya mendapat kursi di DPRD Labura periode 2014-2019.

Awal karir Hendriyanto Sitorus :
Ada beberapa organisasi yang dipimpin Hys hingga saat ini. Mengawali karirnya menjadi ketua DPD KNPI Labura pada tahun 2013 lalu, selain itu Hys juga memimpin ketua AMPG Labura, dan ketua Kwarcab Labura.

Awal menjadi anggota DPRD Labura pada tahun 2014 lalu, mendaftar sebagai Caleg partai Golkar nomor urut 1 dapil Marbau – Aek Kuo dan terpilih untuk periode 2014 – 2019 dengan memperoleh suara 4000 lebih. Selanjutnya, pada tahun 2018 yang lalu Hys terpilih sebagai Bendahara Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara.

Hys hadir ditengah-tengah masyarakat yang terdampak covid-19.

Tak sampai disini, periode pertamanya selesai, Hys kembali maju ke periode berikutnya. Dengan sikap kepedulian, loyalitas, dan perhatian yang merangkul masyarakatnya, Hys kembali terpilih. Tak tanggung-tanggung, Hys memperoleh suara hampir 2 kali lipat dari sebelumnya.

Prestasinya luar biasa, bahkan hingga ditahun 2020 ini semenjak memipin DPD KNPI Labura, sudah tahap ke 23 di 8 Kecamatan yang ada di Labura rumah masyarakat yang tidak layak huni telah dibedah oleh Hys.

Selain itu, Hys juga membina beberapa organisasi lainnya, diantaranya Persatuan Mahasiswa dan Pemuda (PMP) Labura, Trail Hebat Labura (THL).

Tak hanya itu saja, Hys juga dikenal sangat peduli terhadap masyarakat Labura, sebelum dan hingga maraknya covid-19, Hys terus berbagi dan merangkul masyarakat yang terkena dampak virus tersebut.

Hys ingin mengikuti jejak sang ayahnya :
H Khairuddinsyah Sitorus yang mengawali karir sebagai anggota DPRD Labuhanbatu pada tahun 2004 – 2009. Selanjutnya menjadi anggota DPRD Provinsi Sumut periode 2009 – 2014, dan seiring waktu berjalan sang ayah pun berhenti untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Labuhanbatu Utara. Kini jejak tersebut telah diikuti Hys, ditengah waktu berjalan dirinya sebagai anggota DPRD Labura memberanikan diri untuk terjun sebagai calon Bupati Labura.

Hys saat bersilaturahmi ke kediaman salah satu tokoh pemekaran Labura.

Maju sebagai calon Bupati Labura merupakan keinginan dari dalam dirinya serta dukungan dari keluarga untuk melayani masyarakat dan melanjutkan pengabdian ayahnya untuk Labura. Dirinya juga telah diwariskan oleh orang tuanya, yaitu kegiatan sosial yang harus dilanjutkan dari perjuangan ayahnya tersebut.

Niat dan tekadnya untuk terjun sebagai Bupati Labura semakin besar semenjak mendapatkan restu dari orangtuanya dan juga tokoh-tokoh pemekaran yang ada di Labura.

Sektor yang akan di fokuskan :
Hys akan meningkatkan SDM yang unggul melalui sektor pendidikan, kesehatan dan insfrastruktur jalan agar perekonomian yang ada di Labuhanbatu Utara terus meningkat.

(Randi)


Loading...

Pos terkait

Loading...