Gelar Latihan Posko, Kodim Pati Dapat Nilai Terbaik

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Pati – Latihan Posko I Kodim 0718/Pati Ta. 2020 yang dibuka oleh Kepala Staf Korem 073/Makutarama Letkol Inf Ary Sundoro, S.Sos, hari ini secara resmi ditutup. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut ini dimulai pada hari selasa (16/06) kemarin.

Bacaan Lainnya

Sedangkan kegiatan penutupan Latihan Posko I Kodim 0718/Pati Ta.2020 dipusatkan di aula Suluh Bhakti Makodim 0718/Pati. Kegiatan penutupan ini dimulai pukul 13.00 WIB dengan didahului acara evaluasi pelaksanaan Latihan yang dipimpin langsung orang nomor dua di jajaran Korem 073/Mkt yang juga menjabat sebagai Wakil komandan Latihan, Kamis (18/06/2020).

Dalam kegiatan evaluasi Latihan tersebut, Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE, menyampaikan tanggapan sebagai pelaku latihan, “kami sebagai pelaku mengucapkan terima kasih atas kegiatan penyelenggaraan latihan ini. Dengan adanya penyelenggaraan latihan ini kami bisa berlatih, kami bisa lebih baik dalam proses hubungan Komandan dengan staf. Dari situ akan melatih staf kami, termasuk Kasdim dalam pengambilan keputusan terkait tugas-tugas atau perintah-perintah dari Komando atas,” ucap Letkol Adi.

Dandim 0718/Pati menilai penyelenggaraan kegiatan ini sudah bagus, baik dari segi proses kegiatan maupun segi latihan.

“Pada kesempatan ini, kami menilai dalam penyelenggaraan latihan sudah cukup bagus. Kemudian proses penyiapan maupun proses kegiatannya sudah sesuai dengan prosedur penyelenggaraan latihan, dan dalam proses latihan sendiri rencana informasi latihan (RIL) yang diberikan sudah bagus sehingga bisa melatih kami dalam melaksanakan kegiatan dan mengarahkan pelaku untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya,” tutur Dandim.

Sementara itu, hasil evaluasi kegiatan latihan disampaikan oleh Kepala Staf Korem 073/Mkt Letkol Inf Ary Sundoro, S.Sos, menyimpulkan untuk keseluruhan kegiatan latihan secara umum sudah bagus, namun masih ada kekurangan serta pembenahan agar pelaksanaan latihan berikutnya dapat lebih baik.

Lebih lanjut, Kasrem 073/Mkt menyampaikan bahwa, penyelenggara serta pengendali latihan dari staf korem 073/Mkt dalam penguasaan materi pada awal jalan ceritanya masih kurang lancar dan kurang dinamis serta hubungan dengan pelaku masih kaku dan takut salah. Namun setelah mendapatkan arahan, semakin lama semakin bagus dan berjalan sesuai rencana. Menurutnya, namanya latihan pasti ada yang belum sempurna, namun semua masih wajar dan dimaklumi.

“Untuk pelaku latihan Dandim Pati bersama staf, latihan Posko ini yang saya nilai adalah esensinya bagaimana latihannya, tujuan serta hasil dari latihan tersebut. Prosedur hubungan Komandan dan staf pada awalnya juga masih kaku. Tapi setelah kita arahkan, akhirnya seluruh pelaku mengerti dan nyambung dan semakin bagus,” ujar Letkol Ary.

Dalam kegiatan evaluasi tersebut juga disampaikan hasil dari penilaian yang dibacakan oleh Pasi Lat Korem 073/Mkt Mayor Kav J. Manurung yang menilai secara umum Latihan Posko I Kodim 0718/Pati Ta.2020 berlangsung bagus dan lancar. Bahkan, dari hasil penilaian yang didapat Kodim 0718/Pati mencapai nilai 82,9 dan ini lebih baik dari tiga Kodim di jajaran Korem 073/Makutarama yang telah melaksanakan Latihan posko I sebelumnya.
(Arifin/PndPati)


Loading...

Pos terkait

Loading...