Hujan Deras Membuat Jalan dan Jembatan Lintas Pantai Barat Lumpuh Total

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK. COM | Mandailing Natal – Tinginya curah hujan yang terjadi di wilayah pantai barat, tepatnya di kecamatan Natal kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara Rabu malam (22/7/20) menyebabkan putusnya beberapa jalan dan jembatan di beberapa desa di natal.

Hal ini menyebabkan arus perjalanan transportasi lumpuh total. Hasil pantauan kami di lapangan, banyak mobil-mobil yang parkir di bahu jalan sepanjang desa Taluk dimana lokasi putus nya jalan dan jembatan.

Camat natal Riplan . S.sos saat kami temui di lokasi putusnya jembatan menjelaskan ” saat ini di desa Taluk sedang terjadi musibah di tiga titik dua diantaranya putus total dan satunya lagi diluar perkiraan ternyata jembatan kuning tepatnya di tikungan simpang pak jek desa taluk juga tidak bisa dilalui kenderaan dikarenakan ternyata jembatan tersebut goyang akibat pondasi jembatan terkikis air. hal ini di sebabkan derasnya curah hujan yang terjadi tadi malam. Saat ini di kecamatan Natal terjadi banjir di dua titik desa yaitu di desa sasaran dan desa Taluk. Di desa Taluk terdapat 60 rumah yang terdampak banjir dan 25 Rumah di daerah sasaran yang saat ini banjir sudah surut, dan tidak ada korban jiwa ” Ungkap Riplan.

Camat menambahkan ” untuk banjir di desa patiluban mudik kami perkirakan puncaknya akan terjadi siang ini, dan untuk jembatan yang rusak akibat banjir ini sementara akan kita ganti dengan Jembatan darurat dengan memasang gorong-gorong lalu ditimbun, menunggu jembatan permanen sebelum di kerjakan.” Jelas riplan mengakhiri.

Sementara itu humas PT. RMM, Jaya Syahputra Tarigan mengatakan, atas musibah bencana alam ini kami diberitahukan oleh camat untuk kerja samanya dalam penanganan jembatan putus tersebut. Untuk itu kami pihak PT. RMM menurunkan alat berat excavator 2 unit, akan tetapi masih 1 unit yang bisa diturunkan, dikarenakan trado mobil pengangkut alat berat tersebut tidak bisa melewati jembatan kuning yang ditikungan itu, karena sudah goyang dan terancam roboh, katanya

Terkait jembatan yang sudah goyang dan terancam roboh ini PPK 34 Bina Marga Natal, Darwin menjelaskan, hal ini sudah kami sampaikan ke Bina Marga Medan dan langsung ditanggapi, Katanya untuk mengatasi jembatan yang goyang tersebut akan dibuat jembatan Baile jembatan pinjaman sementara sebelum jembatan tersebut di bangun.

(Hem Surbakti).


Loading...

Pos terkait

Loading...