IRBAN 4 ; Pemberhentian Perangkat Desa Sumber Tengah Keputusan Ada di Kepala Desa

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Situbondo – Terkait Rekom pemberhentian 3 Perangkat Desa Sumber Tengah Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo, mendapat Tanggapan dari Hery Selaku Inspektur Pembantu (Irban) 4 , di Wilayah Kecamatan Bungatan.

Menurut Hery, pemberhentian Perangkat Desa sepenuhnya ada di tangan Kepala Desa, karena yang mengangkat dan memberikan SK (Surat Keputusan) Kepala Desa sesuai PERBUP Kabupaten Situbondo No 9 Tahun 2017.

” Dari pengangkatan serta Pemberhentian perangkat Desa itu semua hak Kepala Desa sesuai PERBUP (Peraturan Bupati) Kabupaten Situbondo Tentang Peraturan Pelaksana Perda No 8 Tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa dan Perangkat Desa,” Kata Hery. Kamis (23/07/2020).

Hery juga menjelaskan 3 Syarat Proses Permintaan Rekomendasi Pemberhentian perangkat Desa, yang harus dilakukan Oleh Kepala Desa.

” Yang pertama memberikan SK Teguran Lisan, Yang Kedua SK Teguran Secara Tertulis, Ketiga SK Pemberhentian kepada Camat, jika sudah direkom oleh camat itu sudah selesai, akan tetapi kalau belum ada rekom atau kata lain Camat tidak mau memberi rekom laporkan saja langsung Kepada Bapak Bupati,” Tegasnya.

Terkait hal tersebut Hery Selaku Irban 4 juga menerangkan, Bahwa pihak DPMD hanya mengirim Surat ke pihak Inspektorat berupa Telaah Staf Secara Tertulis bukan Permintaan Pemeriksaan Kepada Pihak Inspektorat.

” Kemarin dari pihak DPMD, mengirim surat Telaah Staf saja jadi pihak Inspektorat membalas surat tersebut dengan surat kembali, jadi tidak ada surat Teguran maupun permintaan Permohonan Pemeriksaan kepada Kami, ” Pungkas Hery.

( Dz/read )


Loading...

Pos terkait

Loading...