TMMD Sengkuyung 2020 Kodim Blora Resmi Ditutup

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2020 yang dilaksanakan Kodim 0721/Blora selama kurang lebih sebulan secara resmi ditutup.

Penutupan kali ini tidak dilaksanakan dengan menggelar upacara seperti biasanya, dikarenakan di tengah mewabahnya virus Corona. Hanya dilakukan upacara sederhana dan penandatanganan naskah penyerahan hasil proyek TMMD di aula Makodim 0721/Blora pada Rabu, (29/07/2020).

Bacaan Lainnya

Penandatanganan naskah penyerahan hasil proyek TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2020 dilakukan oleh Dandim 0721/Blora selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD kepada Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili oleh Sekda Komang Gede Irawadi, dengan disaksikan Forkompimda Blora.

Dandim 0721/Blora Letkol Inf. Ali Mahmudi, S.E., M.M., menyampaikan bahwa TMMD Sengkuyung tahap II 2020 ini merupakan bentuk sinergitas TNI dengan Pemkab dalam menyukseskan pembangunan wilayah, khususnya di pedesaan yang kali ini ditempatkan di Desa Japah, Kecamatan Japah.

“Untuk TMMD di Desa Japah ini ada banyak yang dilaksanakan, baik fisik maupun non fisik,” kata Dandim 0721/Blora.

Letkol Ali menjelaskan untuk kegiatan fisik, diantaranya adalah pembangunan jalan makadam sepanjang 1300 meter, lebar 3 meter, pembangunan talud sepanjang 290 meter, pembangunan plat beton ukuran panjang 1 meter, lebar 1 meter dan tinggi 1 meter sebanyak 3 unit, pembuatan saluran drainase sepanjang 131 meter dan lebar 1 meter.

“Sedangkan untuk kegiatan non fisik meliputi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba, kamtibmas, dan hukum, penyuluhan peningkatan hasil pertanian, penyuluhan pernikahan dini, donor darah, pelayanan KB, dan pengobatan massal,” jelas Dandim.

Dandim juga mengatakan bahwa pelaksanaan TMMD ini besar manfaatnya bagi warga setempat. Hasilnya, mereka senang dan puas dengan pembangunan jalan tersebut.

“Meski proses awal tidak mudah dan harus memindahkan 3 rumah warga, namun dengan adanya jalan ini mereka bisa menikmati jalan tersebut,” ucap Dandim.

Letkol Ali berharap pembangunan jalan itu nantinya bisa ditingkatkan oleh desa setempat, mengingat jalan itu sangat besar manfaatnya bagi warga setempat.

“Jalan ini bisa menjadi jalan pintas sampai (Kabupaten) Pati. Sehingga, dengan adanya jalan ini warga tidak harus putar arah hingga beberapa kilo untuk menuju tempat tujuannya. Oleh sebab itu, meski masih makadam, kami berharap pemerintah desa bisa meningkatkan pembangunan jalan tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Blora Komang Gede Irawadi mewakili Bupati mengapresiasi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II ini.

“Kami ijinkan pak Bupati dan Wakil Bupati yang tidak bisa hadir, kami apresiasi pelaksanaan TMMD yang berjalan setiap tahun dan ini luar biasa sekali. Dengan adanya ini, Pemkab terbantu,” ungkap Sekda Komang.

Sekda juga mengaku melihat langsung progres pembangunan jalan dan kegiatan lainnya, mereka saling gotong-royong, berbaur dengan masyarakat setempat.

“Bagus sekali, kami mendukung program TMMD ini dan tentu Pemkab Blora selalu mendukung kegiatan ini” pungkasnya.
(Jay/PndBla)


Loading...

Pos terkait

Loading...