PHBI Kabupaten Biak Numfor akan Gelar Sholat Idul Adha 1441 Hijriah

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Biak Numfor – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Biak Numfor akan menyelenggarakan ibadah sholat Idul Adha 1441 H atau Hari Raya Kurban yang jatuh pada Jumat (31/7) besok.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Biak Numfor, Kamaruddin mengatakan, pelaksanaan Sholat Idul Adha telah disiapkan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan PHBI Biak Numfor.

“Insya Allah, Hari Raya Idul Adha Tahun 2020 ini akan diselenggarakan besok, tanggal 31 Juli 2020. Kita masih dalam situasi Pandemi Covid 19, tentu saja pelaksanaan sholat tetap patuh pada protokol pencegahan Covid 19. Yang kami lakukan di Biak pertama memperluas sebaran umat Islam di Biak dalam melaksanakan sholat,” kata Kamaruddin.

Ia menjelaskan, DMI meminta semua masjid melakukan sholat Idul Adha, tetapi tentu dengan syarat – syarat tertentu. Seperti space ruang utama, teras dan halaman. PHBI juga melaksanakan sholat di Hanggar Cendrawasih dengan menerapkan hal serupa.

Sementara itu, Ketua PHBI Kabupaten Biak Numfor H. Abdul Rahman mengatakan, Umat Muslim di Biak akan melaksanakan Sholat Idul Adha di Lapangan Hanggar Cendrawasih, Manuhua dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penanganan covid-19.

“Penyelenggaraan Sholat Idul Adha 1441 Hijriah, 2020 Masehi, yang lebih dikenal hari raya qurban, akan dilaksanakan di Lapangan Hanggar Cendrawasih, Manuhua Biak dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan dimasa pendemi covid 19. Insya Allah, dimulai jam 6 pagi, tanggal 31 Juli 2020,” kata Abdul Rahman. Di Biak, Kamis (30/7/2020).

Abdul Rahman menyebutkan, PHBI Biak Numfor sudah menentukan yang akan menjadi khatib dan imam sholat Idul Adha 1441 H. Khatib dan Imam, aalah Ketua Yayasan Pondok Pesantren DDI Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Ustad Muhammad Faried Wajedy, Sp. Di. M. Pd.

Ia menjelaskan, PHBI akan mengatur tempat sholat di Lapangan Hanggar Cendrawasih, Manuhua Biak supaya memenuhi standar protokol covid. Seperti pengaturan jarak shaf serta fasilitas protokol covid seperti thermo gun dan tengki air untuk wudu dan mencuci tangan.

“Semua jamaah yang akan ikut sholat Idul Adha diwajibkan memakai masker dan membawa sajadah masing-masing dari rumah,” tuturnya. (JER)


Loading...

Pos terkait

Loading...