Musyawarah Desa Kawistolegi (Musdes) dan (RKPDes) Th 2021( MUSRENBANGDes) untuk usulan Th 2022Musyawarah Desa (Musdes) dan (RKPDes) Th 2021( MUSRENBANGDes) untuk usulan Th 2022

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM – LAMONGAN,-Pemerintahan Desa Kawistolegi Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan menggelar kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) di Balai Desa,senin (03/08/20) dari mulai Pukul 09.00 s/d 11.30 WIB.

Terakit Musdes tersebut dibahas Penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020. Yang dapat dijadikan mekanisme dalam pelaksanaan penggunaan anggaran dan merupakan instrumen penting rangka perwujudan tata pemerintahan yang baik dalam pembangunan di tingkat Desa.

“Dalam Musdes malam ini,Dian Sukmana,SSTP,M.si. Selaku Sekcam Karanggeneng menyampaikan kepada peserta rapat dan masyarakat berhati-hatilah pengaruh Medsos dan berita – berita hoax yang pada ujungnya merugikan diri kita Sendiri,terutama pada anggaran Dana Desa yang kemaren di anggarkan pada Covid-19,kegiatan malam ini adalah Rencana kerja RKPDes Tahun 2021 dan Musyawaroh pembangunan Desa Th 2022 berharap dalam usulan nanti yang sangat preoritas,selanjutnya terkait kampung tangguh Desa kawistolegi ditunjuk agar ikut peran sertanya mewakili dari Desa – desa yang ada di wilayah kecamatan Karanggeneng atas hasil musyawarah Muspika Karanggeneng,”tuturnya

Dian Sukmana,SSTP,M.si.Juga memberikan arahan kepada peserta rapat agar selalu berhati hati menggunakan anggaran desa dikarenakan hal tersebut rawan akan kasus penyalahgunaan dana.

“Jangan sampai bapak bapak menyalah gunakan dana ini dan akhirnya bermasalah dengan hukum” Ungkapnya.

Selain itu, penggunaan anggaran diharapkan pro rakyat sehingga rakyat bisa sejahtera dan keamanan semakin meningkat yang dirasakan oleh masyarkat.

“Kalau penggunaan dana tersebut pro rakyat, maka rakyat akan sejahtera dan kejahatan pastinya dirasakan oleh masyarakat,” Ungkapnya.

Dian Sukmana,SSTP,M.si. menambahkan,” maka pemerintah desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMdes) sebagai satu-satunya dokumen perencanaan di desa.

Setelah RKPDes sudah disepakati untuk penganggarannya perlu adanya pengesahan APBDes. Untuk itu Desa Kawistolegi mengadakan Musdes penetapan APBDes tahun 2021 yang dilaksanakan di Kantor Desa Kawistolegi,” Tuturnya.

Kepala Desa Kawistolegi Drs.Muhaji menyampaikan, “Bahwa sebagai kepala desa harus bertanggung jawab dan wajib tranparasi kepada warga mengenai anggaran.

“kita wajib untuk menyampaikan kepada masyarakat, secara transparan dan akuntabel sebagi bentuk tanggung jawab atas pengelolaan pemerintahan desa,” Ucapnya. “Anggaran dan Belanja Desa ( APBDes ) 2020 Desa Kawistolegi hari ini,

Semoga dalam pelaksanaan penggunaan dana desa nanti diharapkan betul – betul bisa dipertanggung jawabkan dengan baik secara fisik maupun administrasi.

Sehingga dengan dana desa yang sudah disalurkan Pemerintah Pusat diharapkan bisa menjadikan perubahan keadaan desa yang lebih maju atau mengangkat perekonomian masyarakat,

yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kawistolegi dan bisa menikmati hasil pembangunan. ”Ucapnya.

Musyawarah tersebut dihadiri oleh para perangkat Desa tokoh  Desa Kawistolegi, ,Kades Kawistolegi,Sekcam Kecamatan Karanggeneng, Mahasiswa (KKN)BPD, LPMD, RW, RT, PKK, Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat Desa Kawistolegi(M.NUR)


Loading...

Pos terkait

Loading...