Pembelajaran Daring Terkendala Jaringan Internet, Babinsa Wateshaji Bantu Pasang Wifi

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Pati – Jerih payah yang telah dilakukan oleh Babinsa Wateshaji Sertu Edy Sulistyo anggota Koramil 17/Pucakwangi Kodim 0718/Pati, akhirnya terobati dengan terpasangnya satu unit jaringan wifi.

Pemasangan jaringan wifi ini untuk membantu anak-anak dukuh Morotoko desa Wateshaji kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati yang masih kesulitan jaringan internet untuk mengikuti proses pembelajaran berbasis internet (daring).

Bacaan Lainnya

Sistem pembelajaran daring yang diterapkan oleh Pemerintah kepada siswa sekolah merupakan dampak dari pandemi Covid-19. Namun, kebijakan tersebut menjadi kendala bagi masyarakat pedesaan yang terpencil lantaran jauh dari jangkauan internet serta minimnya sinyal HP, seperti yang dialami oleh sebagian anak-anak di dukuh Morotoko.

Menurut penuturan Waji, salah satu tokoh masyarakat dukuh Morotoko, memang sudah ada hotspot internet yang berasal dari wifi milik Pemerintah Desa Wateshaji. Namun, jarak antara dukuh Morotoko menuju Balai Desa Wateshaji begitu jauh sehingga menyulitkan untuk akses internet.

“Ada beberapa orang yang sudah memiliki wifi karena mereka tergolong mampu secara ekonomi, namun untuk pribadi. Bagi keluarga yang belum mampu memasang wifi, mereka terpaksa harus merogoh kocek untuk keperluan pembelajaran bagi anak-anak,” ujar Waji.

Ia juga menambahkan bahwa penggunaan kuota internet tergolong boros, itupun masih terkendala dengan sulitnya sinyal HP.

“Dikarenakan dukuh Morotoko dikelilingi perbukitan tinggi, sehingga sinyal HP pun naik turun, tidak stabil,” ungkapnya.

Hal inilah yang membuat Listiyono, Perangkat Desa setempat tergerak hatinya dan menyampaikan permasalahan yang dihadapi anak-anak kepada Babinsa Wateshaji Sertu Edy Sulistyo. Hal tersebut kemudian dilaporkan oleh Sertu Edy kepada Danramil 17/Pucakwangi Kapten Inf Suyani yang diteruskan kepada Komandan Kodim 0718/Pati.

Berdasarkan laporan tersebut, Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani langsung merespon hal tersebut dan memerintahkan Danramil Pucakwangi untuk membantu memasang satu unit wifi yang nantinya diperuntukkan bagi anak-anak di dukuh Morotoko.

Danramil 17/Pucakwangi mengatakan bahwa satu unit wifi sudah terpasang.

“Alhamdulilah satu unit wifi sudah berhasil kami pasang Kamis sore (06/08) kemarin dan kami tempatkan di rumah pak Waji Kaur Kesra (Modin) dukuh Morotoko. Rencana peresmian penggunaanya oleh Dandim Pati besok Sabtu (08/08), agar segera dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk pembelajaran daring bagi anak-anak di dukuh Morotoko,” ujar Kapten Suyani, Jumat (07/08/2020).

Tak hanya itu saja, menurut Kapten Suyani, sesuai arahan dari Dandim Pati jajaran Koramil seluruh wilayah kabupaten Pati agar membantu anak-anak dalam pembelajaran daring.

“Sesuai arahan Dandim Pati, kami di jajaran Koramil agar membantu anak-anak yang masih kesulitan akses internet dalam pembelajaran daring dengan mempersilahkan mereka supaya tidak sungkan ke Kantor Koramil terdekat untuk mempergunakan wifi yang dimiliki Koramil agar dimanfaatkan seperlunya,” imbuhnya.

Sementara itu, Listiyono salah satu tokoh masyarakat dukuh Morotoko menyambut baik terkait dengan bantuan akses internet untuk anak-anak di dukuhnya.

”Saya merasa bersyukur karena kesulitan yang kami alami mendapat respon baik dari pak Dandim Pati. Terima kasih kepada pak Dandim, pak Danramil serta pak Babinsa yang telah memberikan bantuan berupa pemasangan wifi untuk anak-anak dan alhamdulillah hari jumat pagi sudah bisa dipergunakan anak-anak untuk pembelajaran online yang langsung dipandu oleh bapak guru dari SDN Lumbungmas 02,” terang Listiyono.
(Jay/PndPati)


Loading...

Pos terkait

Loading...