Pengkoljagong Mural Fest 2020, Ajang Adu Kreasi Puluhan Seniman Kondang

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Puluhan seniman kondang bakal ikut ambil bagian dalam acara Pengkoljagong Mural Festival 2020 pada 20 hingga 30 Agustus 2020. Ajang adu kreasi karya seni rupa ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 75.

Di sisi lain, acara ini juga merupakan media sosialisasi Peraturan Desa (Perdes) Pengkoljagong nomor 06 tahun 2020 tentang Lingkungan Hidup. Melalui Perdes ini, Kepala Desa (Kades) Pengkoljagong, Sugiyono menegaskan larangan perburuan semua jenis burung di wilayah desanya, yakni Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati Kabupaten Blora.

Bacaan Lainnya

“Kita ingin mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa Desa Pengkoljagong saat ini telah mengesahkan Perdes Lingkungan Hidup. Salah satu cara sosialisasinya ya melalui lomba mural ini. Kita mengajak para seniman rupa untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan ini,” paparnya, Minggu (16/08/2020).

Lebih lanjut, Sugiyono menambahkan, dengan adanya Perdes ini diharapkan dapat menjadi landasan Desa Pengkoljagong menjadi Desa Wisata. Harapan ini telah digagas sejak awal pemerintahannya, yakni Pengkoljagong Sapta Pesona. Sehingga, peserta lomba nantinya juga harus menggambar mural yang bertema Pelestarian Lingkungan.

Ketua Panitia Pengkoljagong Mural Festival 2020, M. Iwan Sukri mengungkapkan, hingga saat ini tercatat ada lebih dari 30 seniman yang akan ikut ambil bagian dalam acara tersebut. Para peserta tersebut merupakan individu dan kelompok.

“Ada banyak dari luar kota, dari dalam kota juga banyak. Panitia sendiri telah menyiapkan lebih dari 100 panel gambar untuk para peserta. Penilaian mural akan dilaksanakan tanggal 30 Agustus, sedangkan resepsi dan penyerahan hadiah akan digelar pada 31 Agustus mendatang,” paparnya.

Menurut Iwan, pihaknya telah mempersiapkan berbagai kebutuhan dan kegiatan selingan supaya peserta tidak jenuh selama mengikuti acara ini. Tak hanya itu, panitia juga berkomitmen untuk tetap melaksanakan protokol pencegahan penularan Covid-19 mengingat situasi pandemi yang tengah terjadi.

“Kita tetap mematuhi protokol yang ada. Walaupun hingga saat ini Desa Pengkoljagong tidak ada yang terinfeksi Covid-19, kita tidak mau menganggap enteng. Acara akan tetap berlangsung dan protokol kesehatan akan kita patuhi,” pungkasnya.
(Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...